Zumba Pakai Kebaya, Cara Unik Wanita Tangerang Rayakan Hari Kartini

Setiap perayaan Hari Kartini pada 21 April, wanita di Kota Tangerang biasanya mengenakan baju kebaya di tempat kerjanya, sebagai upaya mengingat jasa wanita yang telah memperjuangan emansipasi tersebut.

Tak mau kalah, para wanita penggemar olah raga Zumba Dance juga ikut memeriahkan perayaan Hari Kartini ini dengan mengenakan kebaya saat berolah raga.

Kegiatan yang digelar di Tangerang City Mall ini diikuti puluhan wanita yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Mereka mengenakan baju kebaya dan kain batik yang diikat di pinggul, kemudian dipadukan dengan celana senam.

Mereka dengan semangat mengikuti gerakan instruktur di atas panggung sambil diiringi alunan musik dansa elektronik. Meski terlihat tak begitu bebas bergerak dengan baju kebaya, mereka tetap menikmati olah raga tersebut.

‚ÄúSeru, cara baru. Biasanya kan cuma pakai baju senam, ini kebaya. Ada sensasi gerah-gerahnya gitu, jadi karbo terbakarnya lebih cepat,” kata Messy salah satu peserta Zumba, Selasa (23/4/2019).

Messy mengaku rutin melakukan Zumba 3 kali seminggu. Pasalnya selain memang baik untuk jantung dan pernafasannya, dia mengaku berat badannya menyusut hingga 12 kilogram.

“Saya punya asma, karena dulu berat badan saya over banget. Jalan 7 – 8 bulan bisa drastis seperti ini, dibarengin dengan makan sehat juga, komitmen tentunya,” tuturnya lagi.

Salah seorang instruktur zumba asal Tangerang, Meta mengatakan, gerakan kardio yang ada pada Zumba dance, dapat berfungsi untuk menyehatkan jantung.

Kalau ada gerakan lebih ke kardio, itu untuk kesehatan jantung, peredaran darah biar lancar. Bisa menghilangkan stres juga, ujarnya.

Olah raga yang awalnya berasal dari Amerika Latin ini menjadi salah satu jenis olah raga yang banyak diminati masyarakat perkotaan karena gerakannya mudah juga seru.

“Ini olah raga fun dan tidak ada olah raga yang berteknik sekali jadi semua bisa ikut, karena mereka kalau tidak bisa ngikutin kita bisa joget sendiri, freestyle gitu asal enjoy aja,” tukas Meta. (Dewi Agustini)*

Dikirim dari iPhone saya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here