Zakat untuk Kesehatan Mata, Baznas-Gapopin Berikan 200 Kacamata Gratis Bagi Siswa Dhuafa

SERANG, (KB).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten bekerja sama dengan Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) Provinsi Banten menggelar pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis bagi 200 siswa dhuafa tingkat SLTA di Kota Serang, di Aula IAIB Kota Serang, Rabu (27/11/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, pimpinan dan pelaksana Baznas Provinsi Banten, Ketua dan Penasehat serta seluruh anggota Gapopin Provinsi Banten, Perwakilan Biro Kesra Setda Provinsi Banten, guru pendamping dan siswa penerima manfaat.

Program pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis yang megusung tema “Zakat untuk Kesehatan Mata” tersebut, dimulai dengan screening dan sosialisasi ke tiap-tiap sekolah SLTA calon penerima manfaat di Kota Serang pada tanggal 16 – 20 November 2019.

Sekolah yang dilakukan screening di antaranya MAN 1 Kota Serang, MAN 2 Kota Serang, SMK Pasundan 1 Kota Serang, SMK Pasundan 2 Kota Serang, SMK PGRI 1 Kota Serang, SMK PGRI 2 Kota Serang, SMK PGRI 3 Kota Serang, SMK Kesehatan Husada Pratama Kota Serang, SMK Prisma Kota Serang, SMK Bani Ismail Taktakan Kota Serang, SMK Intan Husada dan MA Ulumul Quran.

Ketua Baznas Provinsi Banten, Prof. Dr. H. Suparman Usman, S.H. mengatakan, program pemeriksaan dan pemberian kacamata gratis ini merupakan bentuk kepedulian Baznas Provinsi Banten dan Gapopin Provinsi Banten kepada siswa SLTA dhuafa yang belum mampu untuk membeli kacamata sehingga dapat mengganggu proses pembelajaran.

“Kami mendistribusikan senilai Rp 120 juta. Di antaranya Rp 60 juta dari dana ZIS untuk program ini, kemudian Rp 60 juta merupakan infak terikat dari Gapopin Provinsi Banten. Masing-masing anak mendapatkan 1 unit kacamata seharga 550 ribu, dan transport dari Baznas Provinsi Banten sebesar 50 ribu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan hari ini, Rabu (27/11/2019), hanya pemeriksaan mata dan pemilihan kacamata oleh para siswa. Untuk pembagian kacamata akan diantarkan langsung ke sekolah penerima manfaat oleh Baznas Provinsi Banten dan Gapopin Provinsi Banten.

“Rencananya kacamata akan diantarkan langsung oleh Baznas dan Gapopin Provinsi Banten pada tanggal 3 Desember 2019,” ujar Suparman. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here