Zakat ASN Kabupaten Serang Ditarget Capai Rp 12,6 M

SERANG, (KB).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang menargetkan capaian zakat dari aparatur sipil negara (ASN) tahun ini sebesar Rp 12,6 miliar. Target tersebut dinilai lebih tinggi dibandingkan 2019 yang hanya sebesar Rp 12,2 miliar.

Ketua Baznas Kabupaten Serang Ahmad Wardi Muslich menjelaskan, tahun ini target pencapaian zakat dari ASN meningkat sebesar Rp 12,6 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Tiap tahunnya target untuk pengumpulan zakat ASN akan terus naik, sehingga upaya-upaya untuk pencapaian akan gencar dilakukan. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada ASN di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

“Target kami tahun ini Rp 12,6 miliar untuk zakat ASN, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya hanya Rp 12,2 miliar saja. Jadi, kami akan berupaya, agar dapat tercapai,” katanya kepada Kabar Banten, Kamis (5/3/2020).

Bahkan, lanjut dia, untuk target sebelumnya Baznas Kabupaten Serang mampu mencapainya. Sebab, selama ini pengumpulan zakat ASN lebih besar, terutama yang didapatkan dari ASN yang berada di Pemkab Serang, sehingga, tahun ini diupayakan semua ASN di wilayah mulai dari desa hingga Pemkab Serang dapat melakukan pembayaran melalui Baznas Kabupaten Serang.

“Tahun ini, kami sasarannya UPT (unit pelaksana teknis) dan kecamatan. Soalnya di sana belum semua yang melakukan pembayaran zakat melalui Baznas,” ujarnya.

Menurut dia, dalam pengumpulan zakat ASN, sasarannya selain ASN yang bertugas di UPT, ASN yang ada di kecamatan dan desa juga menjadi sasaran untuk pengumpulan zakat yang bersumber dari ASN. Sebab, untuk saat ini, zakat ASN lebih banyak baru didapatkan dari hampir semua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang.

“Makanya, saat ini kami terus melakukan sosialisasi ke wilayah yang menjadi sasaran, hal tersebut sebagai upaya, agar pencapaian tahun ini lebih optimal,” ucapnya.

Jika dana terkumpul banyak, tutur dia, akan membantu dalam penyaluran kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga pihaknya terus mengajak semua elemen masyarakat hingga ASN untuk membayar zakat melalui Baznas Kabupaten Serang. Pihaknya juga memfokuskan untuk mengajak perusahaan, agar dapat membayar melalui zakat ke Baznas Kabupaten Serang. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here