Sabtu, 26 Mei 2018

Yuddy Chrisnandi Bawa Budaya Gotong Royong ke Ukraina

Keluarga besar Kedutaan Besar Republik Indonesia Kiev, Ukraina, menggelar kegiatan kerja bakti secara gotong royong di anjungan Indonesia, Kamis (26/4/2018). Budaya gotong royong ala Indonesia itu dipimpinan langsung Dubes Yuddy Chrisnandi.

Para peserta kerja bakti itu melakukan kegiatan dengan antusias. Secara gotong royong, mereka antara lain memasang logo Burung Garuda di GAPURA, pintu gerbang Taman Indonesia yang terletak di kawasan Kebun Botani Nasional M.M. Gryshko Kiev. Mereka juga menyapu, mengepel, mengangkut sampah dalam suasana penuh kekeluargaan.

Kegiatan itu sengaja dilakukan hari Kamis, karena tidak ada agenda atau undangan keluar kantor. Sementara jika hari Jumat waktunya sempit karena mereka akan salat Jumat. “Adapun hari Sabtu dan Minggu memang kami sepakati sebagai hari libur bersama keluarga,” ungkap Yuddy didampingi istrinya, Velly Elvira.

Di taman yang mulai dibangun 2017, Indonesia diberi jatah alokasi lahan seluas sekitar 5000 meter persegi. Dalam kegiatan tersebut, puluhan orang keluarga KBRI dibantu tujuh warga Ukraina gesit menyapu dan mengepel lantai. Ada dua bangunan yang menjadi ikon di sana. Pertama, bangunan yang luasnya 15 meter persegi diberi nama Saung Sorondoi. Kedua, bangunan Baleriung dengan luas sekitar 80 meter persegi.

Kedua bangunan yang sudah tegak sejak Oktober 2018 digambar oleh Ki Jatmika asal Jawa Barat. Tiga orang tukang didatangkan dari Tanah Sunda yaitu Mang Dede, Mang Ujang, dan Kang Aden. Mereka bekerja sekitar tiga bulan untuk mewujudkannya.

Yuddy mengaku bangga dan terharu menyaksikan anak bangsa yang tetap merawat budaya gotong royong di luar negeri. Ia meyakini pengunjung akan terpana pada ornamen berukuran besar dengan tulisan berwarna “Indonesia Park in Ukraine”. (EM)*


Sekilas Info

Komisi V DPR RI Pertanyakan Peresmian Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka

CILEGON, (KB).- Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono mempertanyakan sikap pemerintah yang cenderung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *