Rabu, 16 Januari 2019

Yuddy Chrisnandi Ajak Ulama & Masyarakat Istikharah Sebelum Pilih Pemimpin

PANDEGLANG, (KB).- Duta Besar Indonesia untuk  Ukraina Grogia Armenia, Prof. DR. H. Yuddy Chrisnandi dalam kunjungannya ke Kota sejuta Santri seribu ulama di Kabupaten Pandeglang, yang dihadiri kiai, ulama, tokoh pemuda dan masyarakat di Nyi Masropoh, Kadupinang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Kamis (2/7/2018), mengajak ulama dan masyarakat untuk melakukan istikharah sebelum menentukan pilihan.‎

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tersebut, mengatakan saat ini menjelang momen pemilihan legislatif maupun presiden.

“Dalam menentukan pilihan, terutama para ulama sebagai tokoh masyarakat harus melakukan istikharah, sehingga penentuannya benar-benar yang diharapkan. Karena ulama atau tokoh masyarakat akan menjadi panutan masyarakat dalam menentukan pilihan, baik itu caleg maupun pada pemilihan presiden. Karena, istikharah itu jelas petunjuk dari Allah,” kata Yuddy.

Kiai dan ulama sebagai panutan umat, harus memberikan pencerahan dalam menentukan sikap salah satunya dalam politik. Sehingga, umat tidak menjadi goyah, yang bisa memecah persatuan dan kesatuan umat dan bangsa.

“Jangan sampai umat ditarik kesana, kesini dan kesitu sehingga umat menjadi bingung. Sehingga peran ulama atau tokoh masyarakt harus bisa mengambil sikap bagi umat, sehingga alangkah baiknya melakukan salat istikharah terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan,” tuturnya.

Menurut Yuddy, ulama tidak akan menjerumuskan umatnya, sehingga penilaian dan sikap ulama tersebut patut diikuti oleh umat, yang tentunya bisa memberikan kemaslahatan kepada umat.

“Kita yakin kiai, ulama atau guru kita tidak mungkin menjerumuskan. Sebab setiap keputusannya akan memberikan manfaat bagi umat, sehingga sudah sewajarnya setiap pemimpin harus dekat dengan para kiai dan ulama, agar bisa memberikan masukan untuk kemaslahatan bagi umat,” ucapnya. (IF)*


Sekilas Info

Toyota Rush Terperosok ke Jurang

PANDEGLANG, (KB).- Sebuah mobil Toyota Rush putih A 1286 KD mengalami kecelakaan tunggal terperosok ke jurang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *