Kamis, 13 Desember 2018
Seusai salat subuh dan mengahal Alquran, tim dari Yayasan Kami Peduli (YKP) mulai mengepak sembako.

YKP, Asperapi, dan Kabar Banten Gelar Ramadan Peduli

SERANG, (KB).- Dalam upaya menyambut dan mengisi Ramadan 1439 Hijriyah, Yayasan Kami Peduli (YKP) bersama DPD Asperapi Banten, HU Kabar Banten, dan Relawan Ramadan Peduli, kembali menggelar kegiatan “Ramadan Peduli Banten Jilid XI 1439 H/2018 M”.

Ketua panitia kegiatan H Deden Sunandar menjelaskan pada Ramadan Peduli Banten Jilid XI ini ada lima program yang sudah disiapkan. “Ke lima program itu meliputi pengelolaan BARBE-Q, pembinaan desa wisata dan masyarakat, Banten Mengaji, santunan yatim, dan berbagi nikmat lebaran,” katanya.

Program BARBE-Q

Menurut Deden, program BARBE-Q adalah kegiatan pengelolaan barang bekas berkualitas. “Jadi, istilah BARBE-Q ini adalah kependekan atau akronim dari barang bekas berqualitas,” katanya.

Melalui program tersebut, pihak panitia, menerima dan mengelola barang bekas berkualitas seperti pakaian layak pakai, sepeda, televisi, sepeda motor, komputer, laptop dll. “Tentu saja kami berharap barang-barang tersebut masih bisa dimanfaatkan oleh orang lain,” kata Ketua YKP ini.

Barang bekas berkualitas itu akan dijual dengan harga relatif murah dan terjangkau masyarakat pada acara bazar. Hasil penjualannya akan dipergunakan untuk paket sembako yang akan diikutsertakan dalam program berbagi nikmat lebaran bagi masyarakat tidak mampu di sejumlah pelosok kampung.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut program ini atau ingin berpartisipasi bisa menghubungi Putri (0853 1357 3646) dan Bunda Iin (0821 1164 8713).

Bina desa wisata

Program pembinaan desa wisata, menurut Deden, merupakan kegiatan pelatihan, diskusi wisata, dan pembuatan proposal/paket wisata. Menurut rencana, panitia sudah menetapkan tiga lokasi, yakni Situ Rawa Arum di Kota Cilegon, Desa Sobang di Kabupaten Lebak, dan Desa Adat Ngembang di Sajira Kabupaten Lebak.

Kegiatan tersebut bekerjasa sama dengan Rumah Kreasi ADENIS untuk pelatihan wirausaha kerajinan tangan, Dinas Pariwisata dan GENPI Banten untuk diskusi paket wisata serta DPD Asperapi Banten untuk penyusunan konsep proposalnya.
Banten Mengaji

Program Banten mengaji dan itikaf dilaksanakan bekerja sama dengan Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Provinsi Banten, Forum Lintas, dan Pengurus DKM Masjid Al Banteni KP3B. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dalam membaca Alquran. “Selain itu, program ini pun ditujukan untuk mengenalkan masjid kebanggan Provinsi Banten, yakni Mesjid Raya Al Bantani” kata Deden.

Rangkai kegiatan Banten Mengaji dan Itikaf akan digelar pada 26-27 Mei 2018. Kegiatannya terdiri atas Seleksi Olimpiade Pencinta Quran, Banten Mengaji, buka puasa bersama, santunan yatim/dhuafa, kajian Alquran Al Ustadz, klinik tahsin, qiyamul lail, sahur & salat Subuh berjamaah, serta Kajian dhuafa.

Berbagi nikmat Lebaran

Sementara itu, program berbagi nikmat lebaran berupa kegiatan pendistribusian 2.000 paket lebaran berisi sembako. Paket ini akan diserahkan kepada masyarakat tidak mampu di Cilegon, Serang, Pandeglang, Lebak, dan Tangerang.

“Data masyarakat tidak mampu berasal dari tim relawan yang bertugas mencari, mengidentifikasi dan memastikan data penerimanya agar tidak salah sasaran,” kata Deden seraya mengatakan paket dikemas para relawan dan diantarkan langsung ke depan pintu penerimanya.

Menurut Deden satu paket lebaran senilai Rp 100.000. Isi paketnya meliputi beras, minyak goreng, gula, teh, garam, kue lebaran, mi, sarden, kecap, susu kental manis, sirup dan tepung terigu. Paket tersebut dibungkus dalam kantong plastik. “Distribusi paket insya Allah akan dilaksanakan di penghujung Bulan Suci Ramadan atau sebelum Hari Raya Idul Fitri (H-7),” katanya. (KO)*


Sekilas Info

Relokasi SD Terdampak Tol Serang-Panimbang, Disdikbud Diingatkan Agar Proaktif

SERANG, (KB).- Staf Khusus Bidang Pemerintahan Kabupaten Serang, Agus Erwana mengingatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *