Wujudkan Publikasi Pilkada Secara Merata

Dalam rangka mengoptimalkan tahap sosialisasi pilkada serentak tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten menggelar temu media gathering selama dua hari yakni sejak Kamis-Jumat (28-29/12/2017). Bertempat di salah satu hotel di kawasan pantai wisata Anyer, Desa Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, KPU Banten mengundang setidaknya 32 orang jurnalis dari media masa cetak, televisi dan juga elektronik.

Kegiatan tersebut ini dihadiri pula oleh seluruh jajaran komisioner KPU Banten yakni Agus Supriyatna, Syaeful Bahri, Enan Nadia, Agus Supadmo. Pertemuan ini dilaksanakan sebagai upaya menjalin hubungan kemitraan demi terwujudnya publikasi informasi pemilu dan pilkada di Banten. Dimana pada tahun 2018 mendatang, di wilayah Banten sendiri akan dilaksanakan pilkada di 4 kabupaten/kota yakni Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang.

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna dalam sambutannya mengatakan, selama ini proses demokrasi di Banten merasa sangat terbantu oleh wartawan. Sebab support dari wartawan sudah sangat baik dalam melakukan pemberitaan atau penyampaian informasi kepada masyarakat pemilih. “Atas bantuan teman-teman wartawan sosialisasi berjalan lancar,” ujarnya Kamis (28/12/2017).

Agus mengatakan, selama ini hubungan antara media dengan KPU pun sudah terjalin dengan sangat kuat. Sehingga bisa membantu mempublikasikan seluruh tahapan pilkada kepada masyarakat. Selain itu, pemberitaan yang dilakukan oleh media masa di Banten pun selama ini sudah begitu fair. “Oleh karena itu, kami ingin merencanakan kegiatan ini agar tidak terjebak kegiatan kantor saja,” katanya.

Komisioner KPU Banten Syaeful Bahri mengatakan, melalui kegiatan tersebut dirinya ingin menjalin siltaruhami yang lebih hangat. Selain itu, dalam menghadapi pilkada 2018 mendatang, masih banyak tahapan yang juga perlu disampaikan kepada masyarakat. Sebab masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara penuh apa-apa saja tahapan pilkada mendatang. “Masih banyak yang perlu di sosialisasikan,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, selepas dilakukan pembukaan, disambung pula dengan acara diskusi seputar pilkada 2018 mendatang. Diskusi yang hangat tersebut tampak diikuti dengan saksama oleh seluruh peserta. Bahkan beberapa kali terlibat tanya jawab. Pada pagi harinya, ajang keakraban kembali dilanjutkan. Sehabis sarapan pagi, para peserta pun langsung mengikuti outbond. Tanpa ada jarak, para jurnalis dan juga KPU Banten saling berbaur.

Outbond tersebut diisi dengan berbagai permainan yang bertujuan untuk mempererat kemitraan. Senda gurau dan saling tawa bahkan obrolan ringan pun dilakukan dalam kegiatan outbond di pagi yang cerah tersebut. Tak lupa, Ketua KPU Banten Agus Supriyatna pun mengucapkan terimakasih atas kehadiran para jurnalis dalam agenda tersebut. (Dindin Hasanudin)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here