Wujudkan Kemandirian Pangan, JAPFA-Ponpes An Nawawi Jalin Kerjasama

Presiden Komisaris PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk atau JAPFA Syamsir Siregar, disaksikan pendiri Pondok Pesantren An Nawawi KH Ma’ruf Amin dan Pimpinan Pondok Pesantren An Nawawi H. Achmad Syauqi Ma’ruf Amin, serta perwakilan dari manajemen JAPFA, menandatangani Prasasti Pembangunan Closed House Farm Broiler, di Ponpes An Nawawi, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Ahad (6/10/2019).*

SERANG, (KB).- Guna mendukung kemandirian pangan nasional, regenerasi peternak merupakan hal yang sangat penting. Untuk mewujudkan hal tersebut, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melakukan kerjasama dengan Pondok Pesantren (Ponpes) An Nawawi. Hal tersebut ditandai dengan acara ‘Peletakan Batu Pertama dan Penandatanganan Prasasti Pembangunan Closed House Farm Broiler’, di Ponpes An Nawawi, Tanara, Kabupaten Serang, Ahad (6/10/2019).

Penandatanganan prasasti pembangunan kandang ternak dengan kapasitas sebesar 15.000 – 20.000 ekor ayam broiler yang diperuntukan bagi 1.300 santri ponpes An Nawawi tersebut, dilakukan oleh KH Ma’ruf Amin selaku pendiri Pesantren dan Syamsir Siregar selaku Presiden Komisaris JAPFA. Dan disaksikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren An Nawawi, H. Achmad Syauqi Ma’ruf Amin, serta perwakilan dari manajemen JAPFA.

Presiden Komisaris JAPFA, Syamsir Siregar menyampaikan bahwa JAPFA sebagai perusahaan agribisnis terintegrasi, memiliki komitmen yang kuat dalam membantu pemerintah dalam mewujudkan kemandirian pangan, khususnya pemenuhan kebutuhan protein hewani yang halal, higienis dan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Hal tersebut sejalan dengan nilai perusahaan untuk Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama.

“Mewujudkan kemandirian pangan tidak hanya menjadi tugas pemerintah semata, namun sudah seyogyanya pihak swasta turut aktif terlibat. Kami berharap, kerjasama JAPFA dengan Pesantren An Nawawi ini dapat memberikan dampak tidak hanya bagi warga pesantren, namun lebih besar lagi, yakni bagi keberlangsungan peternak di Indonesia, untuk menjamin pemenuhan kebutuhan protein hewani bagi masyarakat Indonesia,” ujar Syamsir.

Ia mengatakan, dengan adanya kerjasama pembangunan kandang ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para santri sebagai fasilitas penunjang pengembangan peternakan di ponpes An Nawawi. “Selama beroperasinya kandang, kami akan mendampingi dan membagikan ilmu kepada para santri mengenai cara budidaya unggas yang baik,” ujar Syamsir.

Kerjasama pembangunan kandang ini bukanlah yang pertama dilakukan JAPFA, sebelumnya JAPFA juga telah menjalin kerjasama dengan Pesantren Al Barokah – Simalungun Sumatra Utara. Tidak hanya itu, JAPFA juga menjalin kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang memiliki fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan dalam pembangunan teaching farm, research farm, dan laboratorium paska panen.

Diketahui, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk atau JAPFA merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya perairan, serta produksi vaksin dan obat-obatan hewan. Selain itu, JAPFA juga melakukan kegiatan sosial dalam pengembangan masyarakat. JAPFA terus mendukung pengembangan kualitas hidup, sesuai dengan nilai perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here