Sabtu, 22 September 2018

Wisatawan Serbu Pantai Sawarna dan Bageudur

MASSA libur panjang, seperti halnya libur Hari Raya Idulfitri sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan relaksasi dengan mendatangi objek-objek wisata.Salah satu objek wisata yang menjadi primadona masyarakat untuk mengisi libur panjang itu adalah objek wisata pantai, termasuk objek wisata pantai di Lebak Selatan yang pada masa libur kali ini dikunjungi ratusan ribu pengunjung.

Dari data yang diperoleh Kabar Banten didua destinasi wisata andalan di wilayah tersebut yakni Bageudur Desa Sukamanah Kecamatan Malingping sejak H+1 hingga H+5 atau Sabtu-Rabu (16-20/6/2018) jumlah kunjungan wisatawan dari berbagai daerah tercatat sebanyak 59.910 orang, dan objek wisata di Desa Sawarna Kecamatan Bayah, jumlah wisatawan sebanyak 75 ribu orang.

Data yang diperoleh dari pengelola objek wisata yang memiliki hamparan pesisir pantai belasan kilometer tersebut, sejak Sabtu-Rabu (16-20/6/2018) tercatat sebanyak 59.910 pengunjung dengan puncak kunjungan pada H+1 Idulfitri 1439 H. Sementara itu menurut data kunjungan yang diperoleh dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), pada H+1 Hari Raya Idulfitri 1439 H sebanyak 15 ribu orang wisatawan memadati sejumlah objek wisata di Desa Sawarna seperti Pantai Pasir Putih Sawarna, Tanjung Layar, Legonpari dan Pulomanuk, H+2 sebanyak, 20 ribu orang, H+3 sebanyak 15 ribu orang, H+4 sebanyak 10 ribu orang.

Menurut pantauan, hingga H+6 Idulfitri 1439 H atau Kamis (21/6/2018) sejumlah objek wisata di wilayah selatan Kabupaten Lebak masih dipadati pengunjung. Hal itu terlihat dari padatnya arus lalu lintas di jalan menuju ke sejumlah objek wisata di antaranya Jalan Ahmad Yani betulan eks Pasar Malingping Desa Malingping Selatan yang terpantau ramai bahkan sering terlihat terjadi kemacetan.

Hingga Kamis kemarin, sejumlah petugas dari kepolisian sektor (Polsek) Malingping tampak kewalahan mengatur untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi. Selain di jalan tersebut, antrean kendaraan juga tampak jalan menuju tempat penjagaan karcis masuk atau dikenal dengan sebutan portal ke objek wisata Pantai Bageudur. Tampak puluhan kendaraan sedang antre hingga ratusan meter.

”Kalau sekarang (Kamis) jumlah pengunjung mulai menurun, paling dikisaran 1.500 hingga 2.000 pengunjung. Hari-hari sebelumnya pengunjung mencapai puluhan ribu,” kata salah seorang pengelola Pantai Bageudur Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Mumu. Dijelaskan Mumu, sesuai data, H +1 Idulfitri atau Sabtu (16/6/2018) jumlah pengunjung sebanyak 10.000 orang, H+2, sebanyak 24.560 orang, H+3 sebanyak, 15.200, mulai H+4 menurun dengan jumlah pengunjung, H+5 sebanyak 4.150 orang.

”Puncaknya terjadi pada hari Ahad dengan pengunjung mencapai 24.000 orang. Kalau total dari H+1 hingga H+5 saja jumlah pengunjung sebanyak 59 ribuan. Kemungkinan akan terus menurun seperti pada hari ini (Kamis) atau selanjutnya. Hari Jumat saja paling hanya 1.500 pengunjung,” ujarnya.

Menurut Mumu, pihaknya bersama aparat pemerintahan di wilayah Kecamatan Malingping dalam hal ini Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (FKPK) Malingping, Genpi dan Balawista terus melakukan upaya guna meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kecelakaan saat pengunjung sedang berenang.

Terpisah, koordinator Balawista Kabupaten Lebak, AM Erwin KS mengatakan, hingga sekarang destinasi wisata di Desa Sawarna Kecamatan Bayah masih jadi primadona bagi wisatawan baik lokal maupun luar daerah bahkan turis mancanegara. Terbukti pada musim lebaran sekarang ini para pengunjung dengan jumlah sekitar 75 ribu orang membanjiri sejumlah objek wisata di Desa Sawarna.

”Kalau pengunjung alhamdulillah membeludak. Namun sangat disayangkan belum ditunjang oleh infrastruktur jalan yang baik. Misalnya akses jalan menuju Sawarna dari Ciawi masih ada yang rusak parah sehingga menyulitkan para wisatawan. Kondisi buruknya infrastruktur jalan itu tentu harus disikapi dengan bijak agar tidak membuat kapok pengunjung,” tuturnya. (Dini Hidayat)*


Sekilas Info

Ini Cara Bulog Lebak-Pandeglang Jaga Kekompakan Kerja

LEBAK, (KB).- Perum Badan urusan logistik Subdivisi Regional (Bulog Subdivre) Lebak-Pandeglang mengelar acara family gathering, berlokasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *