Wisatawan Buang Sampah Sembarangan, 100 Pramuka Bersihkan Banten Lama

SERANG, (KB).- Sebanyak 100 anggota Pramuka membersihkan kawasan wisata ziarah Kesultanan Banten Lama, Selasa (11/6/2019). Anggota Pramuka dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Serang tersebut secara bergotong royong mengambil sampah-sampah yang berserakan.

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Serang Hidayat menjelaskan kepada anggota Pramuka Saka Kominfo Kota Serang kegiatan sosial tersebut merupakan bagian dari program Karya Bakti Lebaran (KBL) 2019 yang digelar Kwarcab Pramuka Kota Serang.

Menurut Hidayat, sebelum bergerak ke kawasan wisata ziarah Banten Lama, pihaknya menerima informasi Banten Lama terlihat kumuh akibat sampah yang beserakan. Berdasarkan informasi sampah tersebut berasal dari wisatawan yang membuangnya secara sembarangan.

“Jadi, setelah mendapat informasi tersebut, kami langsung mengarahkan anggota Pramuka Kota Serang untuk menggelar kegiatan bersih-bersih di Baten Lama,” kata Hidayat seraya mengatakan kegiatan tersebut bagian dari program KBL 2019 Kwarcab Pramuka Kota Serang.

Hidaya menilai sebagai warga Kota Serang, anggota Pramuka Kwarcab Kota Serang merasa terpanggil untuk menjaga kawasan wisata tersebut. “Selain itu, Banten Lama adalah destinasi wisata milik bersama yang harus dijaga kebersihannya agar selalu indah dipandang,” ujarnya.

Pada bagian lain Hidaya mengharapkan para wisatawan yang datang ke Banten Lama untuk bersama-sama menjaga situs sejarah tersebut. Ia juga berharap para wisatawan memiliki kesadaran pentignya menjaga kebersihan di kawasan wisata.

“Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga situs tersebut dengan cara tidak membuang sampah secara sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya,” tegas Hidayat saat melakukan bersih-bersih Situs Sejarah Kesultanan Banten bersama anggota Pramuka Kota Serang.(E)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here