Wisata Sejarah Situs Kosala Terabaikan

POTENSI wisata yang dimiliki Desa/Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak ternyata tidak serta merta mengangkat kemajuan desa tersebut. Bahkan, potensi tersebut seakan terkubur dengan harapan masyarakatnya yang bermimpi dan berharap memiliki desa wisata.

Desa tersebut memiliki sebuah wisata sejarah Situs Kosala. Namun sayang, keberadaannya masih telantar, karena tidak adanya anggaran penunjang. Padahal, Situs Kosala yang namanya sudah terkenal memiliki daya tarik bagi wisatawan apabila dikelola secara baik oleh pemerintah daerah maupun masyakatnya.

Letak Situs Kosala cukup strategis, hanya berjarak tiga ratus meter dari jalan utama. Masih di kawasan Situs Kosala juga terdapat curug yang masih asri dengan ketinggian mencapai kurang lebih 15 meter. Kurang lebih dua ratus meter kearah utara juga terdapat dua curug yang berdekatan dan salah satu curug tersebut aliran airnya jatuh tepat di samping jalan raya Cipanas Warung Banten.

Menurut Kepala desa (Kades) setempat, Sukatma, keberadaan Situs Kosala merupakan potensi pariwisata cukup luar biasa untuk dikembangkan. Namun, sampai saat ini belum tergali dan dibiarkan telantar.

“Kami sedang berupaya agar Situs Kosala bisa dikelola dengan baik. Ke depan, bisa menjadi sebuah objek wisata. Tentunya dengan adanya objek wisata di daerah kami sudah pasti akan meningkatkan perekonomian warga di sini,” kata Sukatma.

Desa wisata

Apalagi ia memiliki harapan Desa Lebak Gedong bisa menjadi desa wisata. Mengingat, melihat banyaknya potensi wisata di desa yang bisa dijadikan objek wisata, antara lain Situs Kosala, curug dan tempat berkemah dengan suguhan keindahan alam yang luar bisa.

“Saya berharap kepada pemerintah agar bisa mendukung cita-cita kami, agar desa kami lebih maju ke depannya,” tuturnya. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here