Wisata Pantai Pilihan Favorit Libur Lebaran

SERANG, (KB).- DPD PHRI Provinsi Banten memastikan destinasi wisata pantai akan diserbu pengunjung di musim libur Lebaran 2017 ini. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah daerah, pihak kepolisian, dan stakeholder lainnya bisa membantu kelancaraan arus lalu lintas menuju lokasi wisata pantai.

“Dari sekian banyak objek wisata di Banten, saya kira yang paling ramai jelas wisata pantai. Pantai menyedot perhatian masyarakat. Untuk itu, pengamanan jalur menuju lokasi pantai harus maksimal,” kata Ketua Umum PHRI Provinsi Banten, Achmad Sari Alam kepada wartawan, akhir pekan lalu.
Ia memprediksi, destinasi wisata pantai di Banten akan ramai dikunjungi pelancong, mulai dari Pantai Pulorida, Kelapa Tujuh di Cilegon, Anyer dan Carita di Kabupaten Serang, Tanjung Lesung di Pandeglang hingga Pantai Sawarna dan Bagedur di Lebak. “Jadi, yang menikmati liburan Lebaran ini bukan hanya Muslim saja, tetapi non-Muslim juga pasti ingin berlibur,” ujarnya.

Ia meyakini, jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan seiring dengan akses infrastruktur menuju destinasi wisata pantai relatif lebih baik. Ia memperkirakan, kunjungan wisatawan di objek wisata pantai bisa mencapai ratusan ribu orang per hari. “Kalau jumlah kamar dari seluruh hotel yang ada di Banten berjumlah 2.500. Selama libur Lebaran nanti, kamar-kamar hotel itu saya yakin akan terisi sampai 90 persen. Untuk pergerakan kendaraan bisa mencapai lebih dari 1.500 unit per hari, makanya ini perlu diantisipasi,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, Revri Aroes menuturkan, personel akan bergeser mengamankan jalur objek wisata mulai H+1 Lebaran. “Sebelum Lebaran kami pengamanan arus lalu lintas di sepanjang jalur yang dilalui pemudik. Tapi, setelah Lebaran, kami fokus amankan jalur wisata. Karena, arus kendaraan akan pindah ke lokasi wisata, terutama wisata pantai,” tuturnya.
Menurut dia, koordinasi dan sinergi sejauh ini sudah cukup baik. “Ya kami akan buat rekayasa lalu lintas menuju objek wisata, salah satunya dengan mengatur sistem buka tutup jalur,” katanya. (H-42)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here