Wiranto Alami Dua Luka di Bagian Perut

Menko Polhukam, Wiranto saat dievakuasi menggunakan helikopter TNI AU di Alun-Alun Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019).*

PANDEGLANG, (KB).- Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang Firmansyah mengatakan, hasil pemeriksaan medis terdapat dua tusukan pada bagian perut Menko Polhukam. Namun, kondisi tersebut tidak terlalu parah.

“Lukanya itu ada dua tusukan, tapi belum sampai ke usus, terkenanya itu di bagian lapisan veritonium nya, kondisinya stabil,” ucap Dirut RSUD, Firman seusai memeriksa Menko Polhukam RI di ruang IGD, Kamis (10/10/2019).

Pada saat pemeriksaan dan penanganan luka tusuk, dirinya memastikan Menko Polhukam masih terlihat stabil. “Kita tidak menangani apapun, kita di sini hanya menangani untuk menenangkan Pak Wiranto saja. Kita juga melakukan observasi apakah terjadi pendarahan atau tidak,” katanya.

Baca Juga : Wiranto Ditusuk Orang tak Dikenal

Menurut dia, tensi dan nadi Menko Polhukam saat diperiksa masih stabil. Namun dirinya memprediksi luka tersebut sampai ke dalam lapisan dalam. “Pokoknya kita meyakini dengan tensi yang normal, nadi yang juga bagus. Kemungkinan sudah terkena lapisan dalam perut ya,” ucapnya.

Luka tusuk yang dialami Menko Polhukam berada pada sisi kiri bawah dinding perut. Sehingga, terpaksa dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto. “Adapun tusukannya itu di posisi perut sebelah kiri bawah, saat ini dibawa ke RSPAD Gatot Subroto,” tuturnya.

Dioperasi tiga jam

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan, Menko Polhukam Wiranto selesai menjalani operasi selama 3 jam atas luka akibat insiden penusukan yang menimpanya.

“Tadi saya berbicara langsung dengan Dokter Terawan (Kepala RSPAD) yang menangani secara langsung operasi,” kata Pramono usai menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (10/10) malam.

Ia bersyukur operasi berjalan lancar dan Wiranto saat ini menjalani pemulihan di ruang ICU (Intensive Care Unit) RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Namun, Pramono enggan menjelaskan secara detail kondisi Wiranto saat ini karena merupakan kewenangan dari tim dokter dan mereka yang lebih paham.

“Kondisinya secara resmi tentunya lebih baik pihak RS yang akan menyampaikan. Namun, yang jelas dari proses 3 jam operasi berjalan dengan baik,” katanya.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan Wiranto segera sehat dan menjalankan kembali aktivitasnya seperti biasa.

“Saya tadi melihat langsung beliau setelah selesai operasi dimasukkan ke ICU dan penanganannya oleh RS sangat baik sekali,” tutur Pramono. (Ade Taufik/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here