WH Isyaratkan Komarudin Jabat Pj Bupati Tangerang

SERANG, (KB).- Gubernur Banten Wahidin Halim mengisyaratkan Kepala Badan Kepegawaian Banten, Komarudin, sebagai Penjabat (Pj) Bupati Tangerang. Menurutnya, tidak ada pertimbangan lain selain karena Komarudin pernah menjabat di Pemkab Tangerang. “Karena memang praktis. Syaratnya kan pejabat eselon yang ada di sini. Dan kebetulan dulu (Komarudin) pernah di Tangerang (sebagai Sekretaris Bappeda),” kata Wahidin, ditemui seusai melantik pengurus Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (BPPTSI) Banten, di Pendopo Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (21/3/2018).

Wahidin kembali menegaskan bahwa tidak ada muatan politis dalam merekomendasikan pejabat untuk mengisi kekosongan kepala daerah yang cuti kampanye Pilkada serentak maupun yang habis masa jabatan. “Kan saya bilang, waktu di Lebak (saya tunjuk) yang tinggal di Lebak, itu asisten (Asda II Ino S Rawita). Kemudian Pak Yusuf (staf ahli gubernur) di Tangerang karena tinggal di sana. Jadi praktis aja. Makanya tidak ada dimensi politiknya. (yang dipilih) karena mereka tinggal di sana,” tuturnya.

Saat ini Pemprov Banten masih menunggu surat keputusan Mendagri terkait Pj Bupati Tangerang. “Sudah ditandatangani, tapi sekarang masih menunggu keputusan pemerintah pusat (Kemendagri). Karena Pak Menteri lagi ke luar (daerah),” ujar mantan Wali Kota Tangerang periode 2003-2013 ini. Disinggung soal dua nama lainnya yang diusulkan jadi Pj Bupati Tangerang, WH mengaku lupa. “Enggak tau saya lupa. Saya ngusulin aja,” ucapnya.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Banten Gunawan Rusminto mengatakan, pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut kapan SK tersebut turun. Sebab, Mendagri Tjahjo Kumolo saat ini masih berada di luar daerah.”Infonya Pak Menteri masih di Manado. Tapi hari ini (kemarin) kita jemput bola, nanti ada dari kita ada yang ke Kemendagri untuk menanyakan,” katanya.

Sebelumnya, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Sumarsono mengatakan, hingga saat ini Kemendagri masih memproses SK Penjabat Bupati Tangerang.
“Masih dalam proses di Biro Hukum Kemendagri. Minggu ini selesai,” ujarnya, melalui pesan WhatsApp, kemarin. Kepala BKD Komarudin juga enggan berkomentar mengenai informasi tersebut. “Wah, no Comment lah,” ucapnya, dihubungi Senin (19/3).

Diketahui, akhir masa jabatan (AMJ) Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Zaki Iskandar-Hermansyah tinggal menghitung hari, yakni 23 Maret 2018. Sebelumnya, sejak 14 Februari lalu Kabupaten Tangerang dinakhodai Wakil Bupati Hermansyah sebagai pelaksana tugas (Plt). Hal itu karena Zaki Iskandar menjalani cuti kampanye Pilkada Kabupaten Tangerang. (RI)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here