Website BKN Sulit Diakses, Pendaftaran CASN Diperpanjang

SERANG, (KB).- Pemprov Banten memperpanjang masa pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) hingga 10 Oktober 2018. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan banyaknya pelamar yang mengeluhkan sulitnya mengakses laman sscn.bkn.go.id.

Jika merujuk pada jadwal yang sudah diumumkan, batas akhir pendaftaran hanya sampai tanggal 4 Oktober 2018 atau dua hari lagi.

“Ya (diperpanjang) sampai 10 Oktober. Ini untuk memberikan kesempatan agar pelamar masih punya  waktu untuk mendaftar karena mau daftar melalui sscn masuknya sulit,” ujar Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Ganis Diponegoro, dikonfirmasi Senin (1/10/2018).

Menurut Ganis, perpanjangan tersebut juga telah disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).“Iya Pak (sudah persetujuan pusat),” kata dia.

Senada dikatakan Kepala Sub Bidang Perencanaan, Pengadaan dan Pengangkatan pada BKD Banten, Ade Nuryasin. Menurutnya, sejak dibukanya pendaftaran banyak pelamar mengeluh sulitnya mengakses laman sscn. “Soalnya dengan sistem seperti ini kasian ke pelamar, susah masuk aplikasinya,” ujarnya, melalui pesan Whatsapp, kemarin.

Ade mengatakan, berdasarkan data sementara tercatat baru ada sekitar 100 orang yang mendaftar dan terverifikasi. “Data sementara ada 100 orang yang melamar. Kurang lebih baru seratus orang,” ujarnya.

Kasubid Data dan Informasi Kepegawaian pada BKD Banten, Dian Herdiana mengatakan, hingga 1 Oktober 2018 pukul 15.00 tercatat sebanyak 78 orang terverifikasi telah memilih formasi CASN. “Sampai jam tiga sore ada 78 orang yang terverifikasi memilih formasi. Saat ini tim masih terus melakukan verifikasi,” kata Dian.

Sekretaris Daerah Kabupaten Serang, TB Entus Mahmud mengatakan, ada informasi dari pendaftar bahwa agak kesulitan mengakses portal SSCN.  Hal itu terjadi secara nasional, mungkin karena banyak peminat yang ngantre.

“Jadi sistem punya keterbatasan juga ternyata, nah terhadap kondisi ini, ada informasi bahwa masa pendaftaran  akan diperpanjang, yang semula hanya 26 September-4 Oktober rencananya akan diperpanjang  sampai tanggal 10 Oktober. Tapi ketentuan ini  kita masih koordinasikan  dengan pemerintah pusat, mudah-mudahan saja ini bisa ditindaklanjuti,” katanya.

Kepala Sub Bidang Data dan Informasi BKPSDM Kabupaten Serang De Safari Natadikarya mengatakan, sampai Senin (1/10/2019), pendaftar CASN di Kabupaten Serang sudah mencapai 1.044 orang. Untuk rencana perpanjangan pendaftaran, menurut Deden sapaan akrabnya, menurut PP nomor 11 tahun 2017  dikatakan pengumuman pendaftaran itu maksimal 15 hari.

“Kalo di PP 11 tahun 2017 pengumuman 15 hari. Kemudian kita juga dapat laporan pelamar susah masuk (ke Website SSCN) karena sistem mungkin belum 100 persen, jadi mungkin sekalian di upgrade sistemnya,” tuturnya.

Sementara, Pelamar CASN Sefty Yani Fatmawati menuturkan,  saat pertama pendaftaran online dibuka pihaknya kesulitan masuk website, bahkan hal itu berlangsung hingga dua hari, meski demikian, ia tidak menyerah dan mencoba kembali, kemudian berhasil registrasi.

“Tapi pas mau ke tahap selanjutnya susah, mana registrasi sudah dapat perjuangan beberapa hari, terus pas mau ke tahap selanjutnya susah. Kan suruh swafoto dan masukin biodata nah itu tiba-tiba ke logout sendiri, jadi ngulang dari awal, lama lagi ini juga udah dua hari begitu terus,” tuturnya.

Sefty mengaku kecewa dengan kondisi tersebut, kapalagi kemungkinan keterimanya sangat kecil karena kuota di daerah sedikit. “Kecewa, udah sedikit formaisnya di daerah, dan belum tentu tahun depan ada lagi. Formasinya kan sedikit takutnya tau-tau udah banyak aja pendaftarnya, sementara kami kesulitan,” ujarnya.

Sering lelet

Bukan hanya Pemkab Serang, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon berharap agar Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memperpanjang masa pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Sebab, website pendaftaran CASN sering lelet ketika diakses calon peserta tes.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi, mengatakan, Pemkot Cilegon akan meminta perpanjangan masa pendaftaran CPNS dilakukan lantaran adanya gangguan pada server CPNS. Saat ini belum terlalu banyak pendaftar yang terdata untuk mendaftar di Pemkot Cilegon. “Baru 100 yang daftar ke Pemkot Cilegon, loadingnya lama,” kata Edi ditemui usai menjadi pembina upacara pada Hari Kesaktian Pancasila di halaman kompleks perkantoran Pemkot Cilegon, Senin (1/10/2018).

Edi mengatakan, pihaknya berharap kepada BKN bisa memperpanjang masa pendaftaran CPNS sampai 10 Oktober 2018. Ini agar kuota pendaftar bisa terpenuhi. “Kami sudah minta BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) ke BKN meminta perpanjangan waktu tersebut,” ujarnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan Kesejahteraan, dan Administrasi pada BKPP Kota Cilegon Lela Sulelah mengatakan, permintaan perpanjangan masa pendaftaran CPNS telah dilayangkan kepada BKN.

Pihaknya bersama BKPP kabupaten dan kota se-Banten meminta kepada BKN untuk perpanjangan masa pendaftaran lantaran masih sedikit yang berhaisl mengakses website sscn.bkn.go.id. “Dari sejak dibuka pada Rabu (26/9/2018) sampai Sabtu (29/9/2018) itu baru 104 pendaftar yang berhasil mendaftar,” ucapnya.

Lela mengaku, permintaan perpanjangan pendaftaran sampai 10 Oktober 2018. Jika disetujui oleh BKN, tentu pengumuman seleksi administrasi juga akan mundur.

“Tadinya batas pendaftaran sampai 4 Oktober 2018 dan pengumuman seleksi administrasi 13 Oktober 2018. Jika diperpanjang masa pendaftaran sampai 10 Oktober 2018, maka pengumuman seleksi administrasi sekitar 20 Oktober 2018,” jelasnya.

Lela mengungkapkan, saat ini juga banyak calon pelamar yang mengeluhkan kepada BKPP Cilegon. Padahal, server berasal dari pemerintah pusat. “Kalau di BKPP Cilegon timnya ada 20 orang, ada admin satu, ada operator 10, dan pengawas juga ada,” ucapnya.

Dia mengatakan, Pemkot Cilegon sendiri mendapatkan kuota CPNS 230 kursi. Sebagian besar yang dibutuhkan adalah tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. “Ada juga kuota untuk honorer K2,” ungkapnya. (RI/YY/AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here