Waspadai Dentuman Gunung Anak Krakatau

PANDEGLANG, (KB).- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Asep Rahmmat mengatakan, saat ini ada peningkatan erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK). Untuk itu, Asep mengimbau masyarakat pesisir agar tetap tenang dan waspada.

Selain itu, lanjut Asep, BPBD sudah menyebar surat ke sejumlah kecamatan yang berdekatan dengan wilayah pantai. Intinya surat tersebut mengimbau masyarakat tetap tenang dan waspada.

ā€¯Untuk GAK itu kan sudah dua hari lalu, hanya saja kali ini ada peningkatan erupsinya. Saya harap masyarakat tetap waspada, dan kami sudah sebar surat imbauan ke kecamatan,” ujar Asep.

Menurut dia, erupsi GAK terbilang masih aman, karena jaraknya masih jauh dari Pandeglang. Selain itu, masyarakat pesisir sudah diberikan informasi tentang jarak aman erupsi GAK, berjarak 2 kilometer.

Asep menjelaskan, sebelumnya warga juga telah mendapat imbauan dari Vulcano Discovery untuk tetap tenang mendengar dentuman dan getaran tremor GAK.

“Kami pastikan soal erupsi GAK masih aman dan jarak Pandeglang dengan GAK cukup jauh. Jadi, wilayah Carita dan Labuan masih relatif aman, namun kami tetap minta untuk tetap waspada,” ujarnya.

Informasi dari Vulcano Disvery erupsi itu bersifat membangun, insya Allah tidak akan menimbulkan tsunami,” tuturnya. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here