Waspada, Akun Palsu Mengatasnamakan Subadri

SERANG, (KB).- Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin menjadi target penjahat siber dengan modus phising atau tindakan mencuri identitas dan sandi suatu akun melalui sebuah halaman tiruan. Dengan membuat akun Facebook Subadri Usuluddin, pelaku berusaha menipu sejumlah orang dengan meminta uang.

Pelaku meminta sejumlah orang, agar mentransfer uang ke nomor rekening Bank BNI 0799697089 atas nama Nauli Kharisma. Alasannya, uang tersebut diperuntukkan untuk kegiatan santunan anak yatim dan kegiatan lainnya.

“Itu akun tandingan, bukan akun baru, tapi akun phising, usaha penipuan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Serang Hari W Pamungkas kepada Kabar Banten, Jumat (12/4/2019).

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang sudah berkoordinasi dengan Polres Serang Kota dan Divisi ITE Polda Banten terkait hal tersebut. Namun, belum dilaporkan secara resmi.

“Kami sudah koordinasi dan konsultasi ke Polres maupun ke Divisi ITE Polda. Nanti diadukan dan tidaknya kan itu bergantung korban (penipuan) ya. Kalau ada korban terbukti transfer itu sudah masuk ke ranah pidana, tapi kami lebih banyak preventif sih,” ujarnya.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada laporan adanya korban yang sudah mengirimkan uang. Ia berharap, dengan kejadian tersebut, masyarakat semakin cerdas dan tidak cepat mempercayai sebelum konfirmasi ke pihak yang bersangkutan. “Belum ada (korban), kelihatannya banyak macam-macam lah modusnya,” ucapnya.

Terpisah, Kapolres Serang Kota AKBP Firman Effendi menuturkan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari korban. Menurut dia, jika korban merasa dirugikan dan melaporkan kasus tersebut, akan diproses secara hukum.

“Itu kan delik aduan, kalau korban (Subadri Usuludin) merasa dirugikan dan melaporkan akan kami proses, saat ini belum ada laporan,” tuturnya.

Kejadian tersebut diungkapkan Subadri lewat story Instagram @subadriusuludinofficial dan dinding akun Facebooknya Subadri Usuludin. Ia mengimbau masyarakat waspada dan meminta masyarakat jika ada yang sudah mentransfer uang untuk mengirimkan bukti pengirimannya.

“Assalamualaikum, selamat malam saudara-saudaraku, bagi masyarakat yang merasa dirugikan oleh akun fake mengatasnamakan Subadri Ushuludin dengan mentransfer ke rekening BNI atas nama Nauli Kharisma harap mengirimkan bukti transaksi melalui DM. Saya mohon kerja samanya untuk menuntaskan hal-hal yang merugikan masyarakat haturnuhun,” ucapnya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here