Warga tak Tahu Manfaat Kartu Keluarga Sejahtera

LEBAK, (KB).- Sejumlah warga penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping banyak yang tak tahu manfaat atau kegunaan KKS. Bahkan, ada warga yang sama sekali belum mendapatkan bantuan sejak mendapatkan kartu tersebut.

“Iya, saya didatangi warga penerima KKS. Mereka mengaku bingung apa manfaat dan kegunaan kartu, karena mereka baru tahu KKS baru-baru ini,” kata Ketua Rukun Warga (RW) 03, Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Deden Suhendri, Ahad (24/3/2019).

Ia mengatakan, selain tak tahu manfaatnya, warga penerima KKS juga mengaku belum pernah mendapatkan bantuan sosial apapun. Padahal, dalam kartu KKS tertera masa berlaku dari 2014-2019. Artinya, sejak menerima kartu itu selama empat tahun kartu itu hanya jadi pajangan saja.

“Untuk memastikan manfaat dan kegunaannya, saya selaku RW mencoba menanyakan ke kantor desa dan kecamatan. Sayangnya, pihak desa maupun kecamatan juga belum bisa memberikan penjelasan mengenai manfaat dari kartu itu,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lebak Eka Dharmana Putra menjelaskan, manfaat KKS yaitu untuk mendapatkan bantuan sosial, di antaranya Beras sejahtera (Rastra) BPJS, PBI dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Bantuan apa aja yang belum dapat, segera saja usulkan ke pendamping dan TKSK setempat. Untuk lebih jelasnya tanya ke pendamping setempat,” ucapnya.

Sekadar diketahui, selain Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi masyarakat miskin, Presiden Joko Widodo meluncurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang tadinya dikenal sebagai Kartu Perlindungan Sosial (KPS). KKS menggunakan anggaran sebesar Rp 6,2 triliun dan setiap keluarga akan mendapatkan Rp 200.000 per bulan.

Tingkatkan pengawasan

Terpisah, Ketua DPRD Lebak Junaedi Ibu Jarta menegaskan, perlu pengawasan serius yang melibatkan semua pihak terkait hal tersebut. Semua aparatur turut serta melakukan pengawasan agar manfaat KKS benar-benar dirasakan manfaatnya. “Intinya harus ada pengawasan yang benar, termasuk sosialisasi,” tuturnya singkat.

Anggota DPRD Lebak Dian Wahyudin mengatakan, perlu evaluasi terkait hal tersebut. Menurutnya, hal semacam ini menunjukkan bukti adanya kekacauan ketidaksesuaian data penerima, sama seperti data penerima rastra ataupun BPJS kartu sehat.

“Sebaiknya, ke depan selain basis data BPJS juga ada kroscek dari aparat desa dan instansi terkait, agar hal ini tidak terjadi kembali,” katanya. (DH/PG)*

40 KOMENTAR

    • Bibi saya juga punnya kks tapi tidak pernah menerima bantuan apa pun ,dalam bentuk uang maupun beras , jadi untuk apa kami memegang kartunnya

      • cekbansos.siks.kemsos.go.id
        Coba cek link di atas apa termasuk penerima BLT,ikuti petunjuknya 😊 Bila iya sebagai penerima BLT. Bisa ke kantor dinas sosial biasanya di lanjutkan ke kantor POS bila menerima 😊🙏

  1. Saya baru tau,tentang kartu ini punya ibu saya tapi ,ibu saya belum pernah pake sampe sekarang,pas saya lihat masa berlakunya sudah habis,apa masih bisa diperpanjang,?mohon bantuanya

    • KKS saya juga sudah habis masa berlakunya, padahal saya tidak menerima bantuan apapun dari KKS tsb, Apakah masih bisa diperpanjang kks nya?

    • cekbansos.siks.kemsos.go.id
      Coba cek link di atas apa termasuk penerima BLT,ikuti petunjuknya 😊 Bila iya sebagai penerima BLT. Bisa ke kantor dinas sosial biasanya di lanjutkan ke kantor POS bila menerima 😊🙏

  2. Orang tua saya pyk kks ,alhmdlhhh tuan bro blm mdpt kan sembako,tp kok TDK mendpt kan uang SPTI pkh ,mrk SDH tua,mhn solusinya tromksh

  3. Apakah nomor nik di KKS beda sama nik KTP.
    Soalnya kemaren kartu nya sempet ditinggal. Tapi pas ambil kartu ada 2 nama yg sama. Pas dicek di struk pembelian no NIK nya beda sam yang di KTP

  4. Nenek saya punya kartu kks tapi gk pernah dapat bantuan uang,,baru kemaren di cek kartu kksnya tapi saldonya nol,,tapi hampir semua tetangga nenek saya yang punya kks lalu di cek saldo ada nominal ada yang dapet 1.7 jt,,ada yang 900rb,,ada juga yang 200 rb,,bantuan macem apa ini.?_

    • cekbansos.siks.kemsos.go.id
      Coba cek link di atas apa termasuk penerima BLT,ikuti petunjuknya 😊 Bila iya sebagai penerima BLT. Bisa ke kantor dinas sosial biasanya di lanjutkan ke kantor POS bila menerima 😊🙏

    • cekbansos.siks.kemsos.go.id
      Coba cek link di atas apa termasuk penerima BLT,ikuti petunjuknya 😊 Bila iya sebagai penerima BLT. Bisa ke kantor dinas sosial biasanya di lanjutkan ke kantor POS bila menerima 😊🙏

  5. Komentar:bulan ini kartu keluarga sejahtera .. cuma dapet beras doang …. katanya perbulan 200.000 … d manakah sisa nya

    • Alhamdulillah aku dpt beras 10kg,gulpas 1kg,ayam potong 1kg,telor 1kg,buah jeruk 1kg,pir 0.5kg.KKS perdana yg aku cairkan di toko yg di percaya BNI sbg penyalur sembako per bulan 200ribu

  6. Slamat siang saya asal dari kupang ntt. Saya juga punya kartu Keluarga sejahtra itu tapi tidak pernah menerima bantuan apapun mohon kejelasanya ketegasan pemerintah yang sudah memberikan kartu ini

  7. kaltara. saya punya kartu KKS selama saya dapat kartu ini, saya tidaktahu kegunaanya unk apa ? sape2 kartu masih baru saya simpan 2014-2019. informasi saya terima dari tetangga tiap tahun ada santunaya. saya penasaran kami datangi KANSOS jawabanya ini sudah nggak berlaku lagi, yang dipake sekarang belakang kartu ada pita hitam dari pihak bank. saya tanya terus sulusinya kaya gimana bu, kalau saya perpanjang kartu ini gimana ? jawabanya simpel nggak bisa. sedikit rasa kecewa saya pulang kartu kks saya sipan kembali.

  8. Gimana nih,aku dapet kks jg gak dapat bantuan apapun dari 2014 sampe skrg 2020,kl gak manfaat koq di bagikan ke rakyat?..bikin kecewa saja ,…

  9. Ibu saya punya kartu KKS tapi tak tau manfaat nya, kartunya disimpan aja.
    Apakah boleh di cek di kantor pos siapakah ada saldonya?

    • cekbansos.siks.kemsos.go.id
      Coba cek link di atas apa termasuk penerima BLT,ikuti petunjuknya 😊 Bila iya sebagai penerima BLT. Bisa ke kantor dinas sosial biasanya di lanjutkan ke kantor POS bila menerima 😊🙏

  10. Kartu kks itu bantuan tunai apa non tunai?..klo ditmpt sya kartu kks dpt nya sembako,tidak untuk uang tunai,.tp saya baca di internet kartu kks akan dpt bantuan uang tunai 200rb/bln..atau mungkin dialihkan ke sembako

  11. Saya udah dapat kartu kks nya dan udah dapat beras 10 kg,telur,tahu,kacang ijo,sama ayam . . Alhamdulillah

  12. orang tua Saya jugA punya kartu KKS,dan blm dpt bantuan sejak pertama kali dapat dan sampai habis masA berlaku nya

  13. saya juga dapat kartu kks 2014-2019 lapor kdinsos kata nya sudah tidak berlaku lg..apa guna nya dapat kartu klo tidak bisa dperbaharui.kita orang awam ini gak tahu cara kegunaan nya dan tidak ada pemberitahuan lebih lanjut.

  14. Kl bikin KIP syaratnya apah ajh y…biar bnr2 bs dpt bantuan biaya skull…soalny udah ber x2 ngumpulin berkas lngkp tp g jg dpt yg namanya bantuan dr pemerintah

  15. Saya berasal dari desa seren, kecamatan sulang, kabupaten Rembang, Jawa Tengah. saya punya KKS tapi sejak kartu itu saya terima sampai sekarang keluarga saya tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dari kepala desa saya, miris banget lah sistem didesa saya, orang miskin malah tambah sengsara, yg kaya punya rumah tingkat aja dapat PKH, gak adil banget

  16. Saya dapat kks tp sya tidak tau ada pencairan d desa 2 hari kemudian baru tau tp pas mau di ambil katanya udah habis knp bisa begitu..sya heran kenapa bisa kehabisan kan tiap bulan pasti ada dataan jatah nya ke setiap RW sungguh kecewa baru pertama kali dapat udah zonx..

  17. Ass…ya sama saya juga punya kartu KKS…tapi dari prtama di kasih…blm..pernah dapat bantuan..mau dong dpt bantuan kaya yg lain…PKH..BLT..sembako..Bansoss dana..Copid19 juga..kaga dapet tuh trus gimana atuh caranya byar dapet kayak yg lain…kn sama2 org susah pengangguran..krja kuli buruh..kadang ada kadang engga….tolong di bantu ya….trmkasih.

  18. Saya juga ada kartu KKS 2014-2019
    Tapi blom pernah dapat manpa’at dari
    Kartu KKS itu,tapi ada yg bilang sekarang bisa di caer kan,apakah benar?
    Mudahan benar,..,.,.,.,.,.!!!!!!!??????

  19. Alhamdulillah 🤲 Nenek saya juga dapat Perdana KKS dan dapat Sembako dari pihak Desa dengan Menggesek KKS di perangkat desa. Feeling saya, KKS itu aslinya dapat Bantuang Tunai 200rb dari Pemerintah tapi dialihfungsikan dapat bantuan Sembako dengan Harga dibawah 200rb jadi dari pihak perangkat desa dapat untung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here