Warga ”Serbu” Pengobatan Gratis

PANDEGLANG, (KB).- Sebanyak 133 warga Desa Dahu Kecamatan Cikedal menyerbu (mendatangi) pelayanan pengobatan gratis yang dibuka oleh Ikatan Sarjana Pemersatu Pembangunan Provinsi Banten (ISP3B) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Kamis (19/9/2019).

Sekretaris ISP3B Fahru Rijal mengatakan, pengobatan gratis tersebut dalam rangka pemenuhan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat.

“Ini salah satu upaya memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat di Provinsi Banten umumnya, khususnya Kabupaten Pandeglang. Dengan begitu, kita bisa menjamin kesehatannya sesuai visi misi Gubernur Banten yang tertuang di RPJMD Provinsi,” kata Sekretaris ISP3B Fahru Rijal, Kamis (19/9/2019).

Menurut Rijal, kegiatan ini rutin dilaksanakan bekerja sama dengan pengurus pusat ISP3B dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

“Sebelumnya di Desa Majau dan Parigi Kecamatan Saketi. Desa Kondang Jaya Kecamatan Cisata, Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang, Desa Cipicung, Kecamatan Cikedal, juga bagi santri dan warga Desa Sindang Hayu Kecamatan Saketi di Pondok Pesantren Atohariah Pasar Sabut,” ucapnya.

Kepala Desa Dahu, Kecamatan Cikedal Hamidi mengatakan, dalam pengobatan gratis tersebut disambut antusias warga. Soalnya, kata dia, wilayah pelosok desa banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap kesehatannya. Sehingga, dijadikan momentum untuk melakukan pengobatan.

“Ini terbukti yang hadir hari ini kurang lebih 133 warga, yang ikut kegiatan pengobatan gratis. Mayoritas masyarakat sekitar Desa Dahu. Yang melakukan pengobatan seperti batuk, gatal, demam dan yang lainnya,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, dengan adanya pengobatan gratis tersebut meringankan warganya untuk melakukan pengobatan.

“Kalau berobat biasakan jarang yang mau, tetapi kalau seperti ini apalagi pengobatan ini gratis, sehingga banyak warga yang datang ke sini. Untuk memeriksakan kesehatannya,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here