Warga Serang Utara Belajar Buat Pakan Ikan

SERANG, (KB).- Sebanyak 25 orang warga yang berasal dari Serang Utara mengikuti pelatihan pembuatan pakan ikan di Gedung Guru Kecamatan Tirtayasa, Jumat (19/7/2019).

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini, Penyuluh Budidaya Ikan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Serang Ardi Wibowo, Produsen Mesin Pembuat Pakan Ikan Usni Ari, Pegiat UMKM Kabupaten Serang Babay Suhendri, dan Kasi Penyebarluasan dan Pengembangan Pasar Kerja Dinas Tenaga Kerja Provinsi Banten Elah Sulaelah.

Kasi Penyebarluasan dan Pengembangan Pasar Kerja Dinas Tenaga Kerja Provinsi Banten Elah Sulaelah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan berbasis masyarakat. Pesertanya adalah mereka yang telah memiliki usaha budidaya ikan.

“Melalui pelatihan ini diharapkan peserta memiliki kemampuan teknis membuat pakan secara mandiri. sehingga dapat menekan biaya produksi,” ujarnya kepada Kabar Banten.

Elah mengatakan, kegiatan ini membuka peluang kerja dan usaha baru yaitu industri pakan. Dalam Kegiatan ini peserta diajak praktik mengolah bahan baku dan mencetak pakan dengan mesin yang didatangkan langsung dari Sukabumi.

Sementara pegiat UMKM Kabupaten Serang Babay Suhendri yang hadir sebagai narasumber menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat mengingat sampai hari ini harga pakan ikan di pasaran terus mengalami kenaikan.

Jika pembudidaya mampu membuat pakan sendiri setidaknya ongkos produksi bisa ditekan dan kelangkaan pakan bisa teratasi. tidak itu saja, produk pakan ikan yang dihasilkan dapat dikemas dan dijual secara luas. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here