Sabtu, 20 Oktober 2018

Warga Rusia Nyaris Hanyut Terseret Ombak

LEBAK, (KB).- Lima orang wisatawan nyaris ditelan ombak pantai pasir putih Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Selasa (2/1/2018). Dua dari tiga wisatawan yang berhasil diselamatkan oleh Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Lebak ini merupakan turis asing dari negara Rusia.

Koordinator Balawista Kabupaten Lebak, AM Erwin KS, mengatakan, pasca liburan panjang natal dan tahun baru 2018 objek wisata pantai di Desa Sawarna Kecamatan Bayah masih ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini membuat pihaknya terus memperketat pengawasan terhadap wisatawan baik local maupun turis asing sebagai langkah antisipasi untuk mencegah timbulnya korban jiwa akibat kecelakaan laut. “Kami tetap siaga mengawasi para pengunjung sehingga ketika terjadi kecelakaan atau pengunjung yang terseret bisa dengan cepat melakukan upaya penyelamatan,”ujar mantan anggota DPRD Lebak dari fraksi demokrat tersebut.

Erwin menyatakan, hingga sekarang destinasi wisata dipantai Sawarna masih ramai pengunjung. Sejak pagi hingga petang Selasa petang kemarin terdapat enam kejadian dan berhasil terselamatkan setelah Balawista yang berjaga berupaya melakukan penyelamatan. “Alhamdulilah berkat ijin Allah, hari ini kami berhasil melakukan upaya penyelamatan terhadap wisatawan yang terseret arus pantai pasir putih,” terangnya.

Erwin menjelaskan, dalam waktu berbeda tim balawista pada Selasa kemarin telah berhasil melakukan upaya penyelamatan terhadap pengunjung yang terseret, pada Selasa siang pengunjung yang terseret ombak yakni, Arief (22) warga Tanggerang, Azmi (13) Bandung Jawa Barat, Oki (19) warga Sukabumi Jawa Barat. “Dan terakhir pada pukul 16.00 WIB Balawista kembali berhasil melakukan upaya penyelamatan terhadap turis asing warga negara Rusia, yakni Azhardinov 38 dan Nordikov (32),”jelasnya.

Menurut Erwin, kejadian nahas yang dialami turis asing tersebut terjadi bermula ketika itu sedang berenang bersama ke enam belas temannya dipantai Pasir Putih Sawarna, petugas balawista telah beberapa kali memberi peringatan agar tidak terlalu ke tengah karena kondisi laut pada Selasa kemarin kurang baik namun tidak digubris hingga akhirnya mereka terseret ombak.

“Turis dari Negara Rusia itu sudah tiga hari berlibur di pantai Sawarna,”tuturnya. Erwin menghimbau kepada seluruh anggot Balawista Kabupaten Lebak khususnya pantai Sawarna dan Bageudur tetap siaga dan waspada memantau dan mengawasi para pengunjung agar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa dengan cepat melakukan upaya penyelamatan. (DH)***


Sekilas Info

Mengentaskan Kemiskinan Melalui Kampung KB

SEJAK tahun 2016, Pemkab Lebak melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *