Warga Rokal Bangun Posyandu Secara Swadaya

CILEGON, (KB).- Warga Lingkungan Rokal, RW11, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon bergotong royong memperbaiki bangunan Posyandu yang telah lama rusak. Perbaikan Posyandu tersebut, dilakukan secara swadaya dan menelan anggaran sekitar Rp 8 juta.

Ketua RW11, Suminta mengatakan, puluhan warga Rokal melakukan kerja bakti untuk merenovasi Posyandu yang sudah tidak layak. Bahkan, sebelumnya sempat terjadi kekhawatiran bangunan yang sudah tua tersebut ambruk. “Hari ini kami melakukan kerja bakti sekaligus gotong royong melakukan renovasi terhadap Posyandu yang usia bangunannya sudah tua,” katanya

Sebelum melakukan gotong royong, pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah RT, mengingat renovasi terhadap bangunan di mana tempat periksa kesehatan baik balita maupun usia lanjut sudah sangat mengkhawatirkan.

“Akhirnya setelah rapat, kami memutuskan melakukan renovasi terhadap Posyandu Cempaka 1 ini dengan melakukan swadaya. Kami tidak menetapkan berapa-berapa per warga, seikhlasnya saja dalam menyumbang dan akhirnya terkumpul sekitar Rp 8 juta,” ujarnya.

Menurut dia, hasil pengumpulan dana tersebut, memang sangat kurang, akan tetapi, dia akan tetap melakukan pekerjaan tersebut mengingat bangunan tersebut sudah harus direnovasi. “Kami bismillah saja tanpa ada bantuan dari manapun, dengan target pekerjaan selama sebulan dan berharap, pekerjaan ini lancar dan tanpa terkendala,” ucapnya.

Ketua RT2/RW11, Sugi menuturkan, sebelum melakukan pekerjaan renovasi Posyandu, pernah melakukan komunikasi dengan kelurahan dan berharap ada bantuan untuk pembanguna Posyandu yang berada di Lingkungan Rokal. Ia tidak mempersoalkan bantuan, bagi dia apapun dengan dana yang dikumpulkan, Posyandu bisa direnovasi dan berdiri kokoh, mengingat bangunan tersebut merupakan salah satu sarana kesehatan bagi masyarakat Rokal terutama balita. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here