Warga Pabuaran Kerja Bakti Perbaiki Jalan

Warga Kampung Pabuaran, Kelurahan Kadomas, Kecamatan Pandeglang kerja bakti memperbaiki jalan rusak dengan anggaran swadaya masyarakat, Senin (23/3/2020).

Warga mengaku, jalan rusak di daerahnya sudah lama tidak mendapat sentuhan pembangunan. Oleh karena itu, warga memilih kerja bakti untuk menambal badan jalan yang kondisinya rusak dan berlubang.

Salah seorang warga setempat, Amin Wahyudin mengatakan, perbaikan jalan tersebut bukan dari biaya pemerintah maupun bantuan dari pihak lain.Tetapi biaya tersebut hasil dari swadaya masyarakat. Jalan yang diperbaiki itu merupakan penghubung Kelurahan Kadomas dan Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang.

”Atas nama masyarakat Kampung Pabuaran, kami sangat mendambakan pembangunan jalan hotmix, karena jalan ini merupakan akses utama yang dilintasi masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, jalan tersebut tidak jauh dari pusat pemerintahan. Tetapi hampir 10 tahun belum mendapatkan alokasi anggaran pembangunan jalan.

”Terakhir dibangun sekitar tahun 2009. Jadi, kami berinisiatif gotong royong memperbaiki jalan dengan bahan material semen, pasir dan batu,” ucapnya.

Menurut dia, sebetulnya masyarakat sudah sering mengusulkan perbaikan jalan melalui musyawarah pembangunan kelurahan. Namun, sampai sekarang belum terealisasi dengan alasan keterbatasan anggaran.

”Sudah sering diajukan dan pemerintah juga pernah menjanjikan untuk memperbaiki jalan, tetapi sampai sekarang belum terealisasi,” tuturnya.

Ia bersama warga merasa prihatin melihat kondisi jalan rusak. Sebab, di jalan tersebut sering terjadi kecelakaan.

”Kami merasa prihatin, karena jalan ini tak kunjung mendapat perbaikan dari pemerintah. Akhirnya, kami secara swadaya memperbaiki jalan tersebut,” ujarnya.

Lurah Kadomas Bahroni mengatakan, jalan tersebut akan diperbaiki dari program perumahan dan permukiman (Perkim). Namun, pihaknya mengapresiasi warganya secara swadaya memperbaiki jalan tersebut.

”Untuk pembangunan jalan itu mudah-mudahan bisa dilaksanakan tahun ini,” katanya. (Ade Taufik)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here