Warga Kramatwatu Dilatih Keahlian Mengolah Kayu

Warga Desa Kramatwatu Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, dilatih mengolah kayu menjadi barang ekonomis.*

SERANG, (KB).- Sebanyak 33 warga Desa Kramatwatu Kecamatan Kramatwatu diberikan pelatihan Wood Art yang bekerjasama dengan komunitas hobi kayu Cilegon di halaman kantor Desa Kramatwatu, Sabtu (11/1/2020). Pelatihan yang diikuti oleh perwakilan RT di desa tersebut dilakukan untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam bidang perkayuan.

Sekretaris Desa Kramatwatu Abdi Ramdan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan satu rangkaian kegiatan salah satunya creative Wood Art. Tujuannya untuk menciptakan masyarakat mandiri.

“Karena banyak industri kreatif rumahan yang harus dikembangkan (Di Kramatwatu) agar produktif yang bisa dijual pada konsumen,” ujarnya kepada Kabar Banten.

Abdi mengatakan, peserta pelatihan ini merupakan perwakilan tiap RT dari 33 RT yang ada di Desa Kramatwatu. Hasil pelatihan ini diharapkan masyarakat nantinya bisa membuat satu komunitas yang menghasilkan produk perkayuan.

Kepala Seksi Ekbang Kecamatan Kramatwatu Mamak Abror mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan tersebut. Karena ini merupakan salah satu bentuk peluang usaha baru di bidang kerajinan dan seni melalui kelompok unit usaha.

“Terutama bagi warga yang cenderung memiliki waktu luang yang sangat banyak, sehingga sayang sekali jika tidak dimanfaatkan untuk berkarya dengan hal-hal positif yang bisa menghasilkan pendapatan,” ujarnya.

Kemudian kata dia, ada tiga hasil yang bisa didapatkan masyarakat dari pelatihan Creative Wood Art tersebut. Pertama mendapat ilmu pengetahuan baru. Kedua peserta diasah menjadi lebih terampil lagi, sebab langsung praktik.

“Kedepan bisa menjadi bentuk usaha sampingan untuk meningkatkan prekonomian keluarga,” katanya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here