Warga Kota Serang Terdampak Covid-19 Bertambah

SERANG, (KB).- Penyaluran jaring pengaman sosial (JPS) Kota Serang tahap ketiga akan dibagikan awal Juni 2020. Namun untuk data penerima, masih bersifat dinamis karena warga Kota Serang terdampak Covid-19 terus bertambah.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang telah menyalurkan bantuan tersebut pada April dan Mei untuk tahap pertama dan kedua.

“JPS sudah tahap yang kedua dari Pemkot Serang. Jadi tinggal tersisa satu bulan lagi penyaluran bantuan ini. Rencananya akan disalurkan awal Juni ini,” kata Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kota Serang W Hari Pamungkas, Ahad (31/5/2020).

Dalam penyaluran JPS tahap pertama, ia mengatakan, ada beberapa kekurangan. Bahkan, sejumlah warga merasa belum puas karena masih ada warga yang tidak menerima bantuan tersebut.

“Memang belum sempurna, masih ada yang tidak puas, belum kebagian. Pada kenyataanya memang belum bisa menjangkau semua,” ujarnya.

Sesuai dengan pendataan yang dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang, hanya sekitar 50.000 kepala keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan JPS. Data itu pun bersifat dinamis, sehingga banyak yang sebelumnya tidak terdampak, menjadi terdampak.

“Maka, ada penambahan kuota penerima bantuan. Karena yang sebelumnya, itu kan belum terdampak sekarang ini jadi terdampak. Jadi, kami harap dari pemerintah pusat dan provinsi pun bisa menampung kuota yang saat ini mulai terdampak,” ucapnya.

Sementara, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang Nur Agis Aulia mengatakan, seluruh pihak harus mengawal penyaluran JPS Kota Serang.

“Tentu harus dikawal. Jangan sampai kejadian tahap pertama itu terulang kembali pada tahap kedua dan ketiga,” katanya.

Sebab, menurut dia, data penerima bantuan JPS di Kota Serang masih ada yang tidak tepat sasaran.

“Kemudian, penyaluran barangnya pun masih ada yang tidak sesuai. Jadi seharusnya kita semua bisa belajar dari penyaluran tahap pertama. Karena masih ada temuan di lapangan yang tidak sesuai,” tuturnya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here