Warga Karangsetra Perbaiki Jalan Rusak

PANDEGLANG, (KB).- Di tengah situasi darurat Covid-19, warga Desa Karangsetra, Kecamatan Korongcong beraktivitas kerja bakti untuk memperbaiki jalan poros desa yang kondisinya rusak parah, Jumat (10/4/2020).

Jalan sepanjang 300 meter tersebut, menghubungkan Desa Pakuluran, Kecamatan Korongcong menuju Kelurahan Pagadungan, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang.

Kegiatan tersebut, dihadiri langsung anggota DPRD Pandeglang dari Partai Amanat Nasional Candra Angga Rahmayanda.

Dalam kesempatan tersebut, hadir tokoh masyarakat Suheli, Lurah Karangsetra Mahdar, dan sejumlah pemuda.

“Jalan sepanjang 300 meter ini merupakan jalan poros desa yang dilintasi warga dan anak-anak sekolah. Kami memperbaiki jalan ini hasil dari swadaya, karena kondisi jalannya sudah sangat parah dan belum pernah mendapat perbaikan dari pemerintah daerah,” kata anggota DPRD Pandeglang Candra Angga Rahmayanda kepada Kabar Banten, seusai gotong-royong perbaikan jalan.

Ia berharap, ke depan pemerintah dapat memperhatikan kondisi jalan desa, karena jalan tersebut, menjadi penopang bagi aktivitas perekonomian masyarakat.

“Kalau jalan desa mulus, kan warga dan petani bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan aktivitas perekonomian. Petani bisa mengangkut hasil bumi dengan lancar, begitu juga warga dapat melaksanakan aktivitas pekerjaan dengan cepat,” ujarnya.

Selain itu, dia mengapresiasi semangat warga dan pemuda yang punya jiwa membangun daerah. Ia berharap, pemerintah bisa hadir dalam setiap gerakan masyarakat yang melakukan perbaikan jalan.

“Ya, pemerintah harus memberikan motivasi dan dukungan dana untuk masyarakat yang betul-betul punya jiwa membangun daerahnya seperti yang dilakukan warga Karangsetra,” ucapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Suheli menuturkan, gotong-royong perbaikan jalan dilakukan semata untuk kepentingan masyarakat. Sebab, selama ini masyarakat sangat kesulitan saat melintas di jalan tersebut. Apalagi saat turun hujan, kondisi jalannya licin dan berlumpur.

Menurut dia, seharusnya pembangunan dan perbaikan jalan tersebut, menjadi kewajiban pemerintah. Namun demikian, warga prihatin hingga turun tangan memperbaiki jalan secara swadaya. Ia menyatakan, selama ini jalan tersebut, belum mendapat sentuhan pembangunan dari pemerintah daerah.

“Jadi, kami bersama warga dan anggota dewan dan aparatur kelurahan berinisiatif secara swadaya untuk memperbaiki jalan ini,” tuturnya.

Lurah Karangsetra, Kecamatan Korongcong Mahdar bangga melihat warganya antusias memperbaiki jalan rusak, meski dananya berasal dari swadaya.

“Ini bentuk kepedulian dan semangat warga dalam membangun daerah. Mudah-mudahan hasil perbaikan jalan ini bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here