Warga Diimbau tidak Ikut ”People Power”

PANDEGLANG, (KB).- Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono mengimbau warga sebaiknya tidak ikut gerakan ‘people power’ pada 22 Mei 2019 di Jakarta.

Imbauan tersebut juga ditujukan kepada para pengemudi kendaraan yang ada di Pandeglang. Selain itu, Kapolres juga menilai masih ada cara yang lebih baik dalam menyampaikan dugaan kecurangan dalam Pemilu 2019.

“Infonya pada 22 Mei 2019 nanti akan ada gerakan ‘people power’ ke Jakarta. Makanya, kami imbau warga dalam operasi kendaraan. Sebaiknya masyarakat jangan berangkat ke Jakarta, karena jika ada kecurangan baiknya tempuh jalur konstitusional. Artinya setiap dugaan kecurangan telah memiliki jalur mekanisme penyelesaiannya masing-masing, seperti ke Mahkamah Konstitusi (MK), Bawaslu dan DKPP,” kata Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono, Senin (20/5/2019).

Menurut Indra, Polres bukannya melarang kepada masyarakat, tetapi lebih kepada imbauan saja agar masyarakat mengetahui jalur dan mekanisme hukum yang harus ditempuh ketika terjadi kecurangan.

“Kan tujuan ‘people power’ itu, karena adanya dugaan kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu. Kenapa tidak jika di Pandeglang terdapat kecurangan baiknya langsung laporkan ke Bawaslu di Pandeglang saja, karena pasti ditindaklanjuti,” katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pandeglang KH. Tb. Hamdi Ma’ani mengatakan, pasca Pemilu 2019 masyarakat yang menyerukan dukungan pilihan 01 maupun 02 harus melupakan yang sudah berlalu dan bersatu kembali guna menjaga persaudaraan.

“Lupakan yang menyerukan 01 atau 02, kini saatnya kita menyerukan 03 sesuai Pancasila yaitu persatuan Indonesia. Hal itu mencerminkan bangsa Indonesia tempat berteduh bagi seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu menjaga persaudaraan,” ujar KH. Tb. Hamdi Ma’ani.

Hamdi berpesan masyarakat tidak terprovokasi oleh ajakan dan terpancing gerakan-gerakan ‘people power’. Sebaiknya masyarakat menunggu hasil resmi KPU dan menerima hasilnya.

“Percayakan kepada KPU yang sedang penghitungan suara, apapun hasil keputusan KPU merupakan hasil keputusan terbaik untuk bangsa dan negara,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here