Warga Cikeusik Salat Istisqa

PANDEGLANG, (KB).- Dilanda kekeringan selama kemarau panjang, sebanyak 500 Warga Cikeusik, Kecamatan Cikeusik menggelar salat istisqa atau salat meminta hujan, di lapangan Cikeusik, Ahad (29/9/2019). Kegiatan salat istisqa tersebut diinsiatif oleh Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) wilayah Cikeusik.

Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga terdiri dari ulama, kiai, pemuda dan tokoh masyarakat memanjatkan doa bersama untuk meminta hujan. Sebab, di wilayah tersebut sudah beberapa bulan dilanda kekeringan dan tidak pernah ada turun hujan.

Ketua panitia pelaksana salat istisqa, Ono Ridwanulloh mengatakan, salat istisqa ini dihadiri sebanyak 500 orang lebih. Gerakan salat minta hujan ini melibatkan berbagaoi organisasi masyarakat dan Muspika setampat.

Sementara itu, Imam juga khotib salat istisqa, KH. Sadeyudin mengatakan, agenda ini murni ibadah untuk meminta hujan. Oleh karena itu, semua komponen masyarakat sangat anstusias menggelar doa bersama seusai melaksanakan salat meminta hujan.

“Iya, dalam gerakan kepanitiaan salat istisqa ini melibatkan organisasi FPI dan FSPP Cikesik. Kami juga melibatkan Muspida dan masyarakat se wilayah Cikeusik,” kata KH. Sadeyudin betindak selaku imam dan khotib salat istisqa.

Sementara itu, Camat Cikeusik, Dani Ramadani mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) dan FPI Kecamatan Cikeusik. Doa bersama tersebut juga mendapat respon positif dari berbagai pihak, karena masyarakat sangat berharap turun hujan.

“Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat, karena digagas oleh kiai muda-muda yang duduk di FSPP. Tentunya kegiatan tersebut didukung penuh para kasepuhan dan pemerintah kecamatan serta desa,” ucap Dani.

Ia mengatakan, agenda tersebut diharapkan dapat menjadikan masyarakat lebih kompak dan tetap menjaga hubungan ukhuwah islamiah antara ulama dan umaroh.

“Tetap menjaga tali silaturahmi ukhuwah islamiyah, menjaga kekompakan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan antara ulama dan umaroh serta masyarakat. Mudah-mudahan doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Segera diturunkan hujan, karena masyarakat Cikeusik sedang dilanda kesulitan air,” ujarnya. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here