Warga Binaan Rutan Serang Diajak Perbaiki Diri

Anton Medan saat memberikan motivasi kepada ratusan warga binaan di Lapangan, Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Serang, Jumat (31/1/2020).Mantan narapidana yang kini menjadi penceramah itu datang untuk berbagi cerita pengalamannya di penjara kepada warga binaan.*

SERANG, (KB).- Mantan narapidana Anton Medan mengunjungi Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Serang, Jumat (31/1/2020). Ia datang untuk memberikan motivasi diri kepada warga binaan, agar menjadikan dia lebih baik lagi serta memperbaiki diri mereka untuk meninggalkan masa lalu dan menatap masa depan.

Anton Medan dengan nama lahir Tan Hok Liang menceritakan masa-masa gelapnya di depan warga binaan Rutan Klas II B Serang. Ia menuturkan, para warga binaan tersebut membutuhkan seorang panutan dan motivasi diri untuk menjadi lebih baik lagi dan meninggalkan masa lalu mereka di rutan.

“Sebenarnya, mereka punya contoh, panutan, dan saya ke sini (Rutan Serang), untuk sharing kepada mereka (warga binaan) untuk memotivasi, agar memiliki gambaran ke depannya. Artinya, yang lalu biarlah berlalu dan sekarang mau kemana, untuk mencapai masa depan yang lebih baik,” katanya, Jumat (31/1/2020).

Ia menuturkan, perubahan untuk menjadi lebih baik datang dari diri sendiri, bukan dari petugas rutan atau pun orang lain.

“Perubahan itu datang dari mana, ya jelas dari diri sendiri. Saya pun sewaktu di lembaga pemasyarakatan (lapas) itu, saya terus melakukan perbaikan diri. Karena, semua datang dari dalam diri sendiri,” ucapnya.

Bahkan, karena seringnya dia masuk-keluar penjara dan tinggal bertahun-tahun, dia dipercaya untuk membantu membina seluruh narapidana se-Indonesia.

“Tahun 94, saya mulai masuk-keluar lapas kembali, tapi kali ini saya memberikan motivasi kepada para narapidana untuk meninggalkan masa lalu mereka dan menatap masa depan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten Imam Suyudi mengatakan, kegiatan tersebut, untuk memotivasi warga binaan. Sebab, bagaimana juga pengalaman seorang Anton Medan dalam dunia gelapnya hingga saat ini telah menjadi lebih baik lagi.

“Tentu ini bisa dijadikan motivasi serta pengalaman bagi warga binaan. Inilah saatnya warga binaan Rutan Serang dapat mengubah dirinya menjadi lebih baik. Karena dalam hidup ini, mereka bisa memahami bagaimana dirinya berperan dalam kondisinya saat ini. Kemudian, ketika mereka keluar sudah menjadi pribadi yang baik,” katanya.

Dari motivasi yang disampaikan Anton Medan, ujar dia, diharapkan warga binaan dapat membuktikan, jika seorang mantan narapidana tidak selalu buruk. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here