Wali Kota Tangsel Minta Industri Pariwisata Tingkatkan SDM

TANGERANG, (KB).- Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany meminta kepada pelaku industri pariwisata yang ada di wilayahnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Hal tersebut dilakukan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata. “Agar bisa mencapai target kunjungan wisatawan yang akan datang ke Kota Tangsel, tentu saja insan pariwisata tak hanya bisa mengandalkan fasilitas. Namun, juga SDM yang profesional,” katanya.

Apalagi, tutur dia, target kunjungan wisata di Tangsel tak hanya bisa dicapai dengan mengandalkan fasilitas, tetapi juga SDM yang profesional. “Ke depan diharapkan tren SDM pariwisata semakin menuntut adanya jaminan kompetensi yang up to date (terbaru),” ujarnya.

Menurut wanita nomor satu di Kota Tangsel tersebut, bahwa Pemkot Tangsel mengapresiasi kegiatan sertifikasi bidang pariwisata yang telah dilakukan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tangsel, belum lama ini.

“Uji kompetensi sertifikasi di bidang pariwisata ini untuk memberikan pengakuan atas kompetensi profesi yang dimiliki tenaga kerja di bidang pariwisata, meningkatkan kualitas, dan daya saing tenaga kerja bidang pariwisata, agar mereka memahami pentingnya profesionalisme dan legalitas,” ucapnya.

Ketua PHRI Tangsel Gusri Efendi menuturkan, kontribusi PAD dari sektor hotel dan restoran tersebut, mencapai Rp 386 miliar per tahunnya. Meski begitu, kompetensi harus terus ditingkatkan untuk mengerek daya saing.

“Untuk kegiatan, ada 275 uji kompotensi yang terdiri dari F&B Service sebanyak 75, Front Office sebanyak 75, House Keeping sebanyak 75, dan F&B Product sebanyak 50,” katanya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here