Wali Kota Serang Terapkan PAUD di Setiap Kelurahan

SERANG, (KB).- Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Serang, Wali Kota Serang Syafrudin akan menerapkan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di seluruh kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Serang. Selain pendidikan karakter, PAUD juga diminta untuk lebih menekankan pendidikan agama sebagai fondasi anak.

“Setelah pengukuhan Bunda PAUD 2019 ini, semoga dapat meningkatkan kualitas para Bunda PAUD di tingkat kecamatan dan kelurahan serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan, terutama pendidikan agamanya,” katanya pada acara Pengukuhan Bunda PAUD 2019 di Aula SMKN 2 Kota Serang, Rabu (6/3/2019).

Ia menuturkan, tujuan dari dikukuhkannya Bunda PAUD untuk memberikan pembinaan kepada para bunda-bunda PAUD baik di kecamatan maupun di kelurahan yang ada di Kota Serang.

“Pendidikan PAUD ini menurut saya lebih penting dibandingkan pendidikan SD dan SMP. Sebab, PAUD merupakan pendidikan dasar sebagai pembentukan karakter anak. Jadi, ke depannya, setelah lulus dari PAUD, untuk melanjutkan ke tingkat TK atau SD itu sudah lebih mudah,” ujarnya.

Untuk peraturan, dia mengatakan, PAUD tersebut tidaklah wajib. Akan tetapi, dia akan menerapkan PAUD di Kota Serang. “Kalau wajib aturannya belum ada. Akan tetapi, pendidikan karakter sejak dini ini sangatlah penting. Karena, pendidikan PAUD ini penting, maka akan diterapkan di Kota Serang,” ucapnya.

Selain pendidikan karakter, PAUD juga diminta untuk lebih menekankan pendidikan agama sebagai fondasi anak. Maka, perlu ditanamkan mulai dari PAUD. “Karena, kalau pendidikan keagamaan itu juga sebagai bentuk kepribadian atau karakter dari anak-anak, sehingga ke depan juga akan lebih leluasa dan lebih enak ke depannya untuk pendidikan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, dia mengatakan, jika Kota Serang sudah siap untuk menerapkan PAUD di setiap kelurahan dan kecamatan di Kota Serang. “Untuk para guru PAUD juga saya mengimbau, agar memberikan pendidikan atau pelajaran yang matang bagi anak-anak usia dini ini,” katanya.

Ia berharap, seluruh sekolah yang ada di Kota Serang dapat memberikan pendidikan sebagai fondasi yang kuat kepada anak didiknya, sehingga dapat menghasilkan anak-anak baik, pintar, dan berprestasi, serta dapat membuat bangga orangtuanya. (Rizki Putri/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here