Wali Kota Serang Minta Perpustakaan Keliling Diperbanyak

Syafrudin, Wali Kota Serang.*

KANTOR Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang hingga saat ini masih menumpang bersama dua organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya di bekas gedung serbaguna, di Jalan Jenderal Sudirman, Ciceri, Kota Serang.

Di gedung tersebut, DPK berdampingan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang.

Wali Kota Serang Syafrudin menekankan para aparatur sipil negara (ASN) di DPK, agar tetap semangat dalam bekerja, meski dengan kondisi seperti itu. Dengan gedung yang masih menumpang, dia meminta memperbanyak perpustakaan keliling (pusling) dan taman baca.

“Di kami memang masih numpang, sebenarnya bukan kantor perpustakan dan arsip hanya dulu gedung serba guna, jadi pemanfaatan gedung yang kosong,” katanya, saat acara coffee morning di Gedung DPK Kota Serang, Selasa (10/9/2019).

Menurut dia, jika dibandingkan daerah lain DPK Kota Serang memang sangat jauh ketinggalan. Di daerah lain, ujar dia, gedung DPK sudah megah dan nyaman digunakan oleh masyarakat.

Ia sangat mengapresiasi kinerja para pejabat di perpustakaan yang membuat terobosan dengan meminta bantuan pusat.

“Ini sudah ada respons ke depan mudah-mudahan tahun 2020-2021 kami punya gedung perpustakaan dan arsip. Kami juga berharap, untuk perpustakaan keliling diperbanyak sebelum memiliki gedung yang representatif,” ujarnya.

Ia menuturkan, Pemkot Serang juga akan mendorong dari sisi anggaran sesuai kebutuhan OPD.

“Bagaiamana gedung dan taman baca baik di kecamatan maupun kelurahan maupun rekreasi ada taman baca yang disiapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip,” ucapnya.

Ketua Sementara DPRD Kota Serang Budi Rustandi sangat mengapresiasi langkah DPK yang meminta bantuan pembangunan gedung ke pusat melalui dana alokasi khusus (DAK). DPRD, tutur dia, siap mendorong anggaran dari APBD Kota Serang.

“Pasti (didorong), tapi harus melihat dan menyeimbangkan dengan OPD lain,” katanya. (Masykur/Rifki)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here