Wali Kota Serang Minta OPD Serius Susun LKPj

SERANG, (KB).- Wali Kota Serang Syafrudin meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyusun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kota Serang 2019 dengan serius. Sebab, LKPj tersebut, akan menjadi patokan kinerja Pemkot Serang untuk tahun-tahun berikutnya.

Hal tersebut dikatakannya usai membuka acara Rapat Koordinasi Pembahasan Rancangan LKPj Kota Serang 2019 yang dilaksanakan di salah satu hotel Kota Serang, Rabu (26/2/2020).

“LKPj ini rangkuman dari kinerja kami (Pemkot Serang) selama satu tahun, maka ini juga akan dijadikan bahan evaluasi untuk tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Ia mengatakan, LKPj tersebut juga menjadi tolok ukur kinerja, jika hasilnya baik, maka kinerja Pemkot Serang baik. Namun sebaliknya, jika hasilnya jelek, maka kinerja Pemkot Serang buruk dan membutuhkan perbaikan.

“Bila laporan dari OPD-nya jelek, maka kinerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang juga ikut jelek. Begitu pun yang lainnya, bila laporan dari anggota OPD jelek, maka kinerja kepala OPD juga jelek. Laporan ini saling berkaitan,” ujarnya.

Ia menargetkan rancangan LKPj Kota Serang 2019 segera diselesaikan dengan baik. Hasilnya akan disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang untuk dilakukan pembahasan lebih mendalam.

“Jadi, maksimal Maret ini sudah dilaporkan, maka dari itu kami minta kepada OPD untuk serius membuat LKPj dan sesuai aturan,” ucapnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nanang Saefudin menuturkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, maka Pemkot Serang berkewajiban melaporkan laporan kinerja baik ke Pemerintah Pusat, DPRD Kota Serang hingga publik.

“Laporan tersebut, wajib disampaikan, untuk publik itu melalui Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD), sementara untuk DPRD Kota Serang itu LKPj. Itu sesuai dengan PP Nomor 13 Tahun 2019,” tuturnya.

Maka dari itu, sebelum disampaikan kepada DPRD Kota Serang, pihaknya melakukan verifikasi data dan menyamakan persepsi antar-OPD di Pemkot Serang.

“Kami memiliki target-target dan itu harus diselaraskan dengan semua OPD. Hasil laporan tersebut, nanti DPRD memberikan catatan rekomendasi kepada pemkot mana saja yang harus diperbaiki,” katanya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here