Wali Kota Perpanjang Jabatan Pj Sekda Kota Tangerang

TANGERANG, (KB).- Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah memperpanjang masa jabatan Tatang Sutisna sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang. Hal ini dilakukan karena pada 8 Oktober 2019 mendatang, masa jabatan Penjabat (Pj) Sekda Kota Tangerang genap tiga bulan (berakhir).

Tatang Sutisna dipilih oleh Wali Kota Tangerang, untuk menjalankan roda pemerintahan pada 8 Juli 2019, karena jabatan sekretaris daerah yang diisi oleh Dadi Budaeri telah berakhir pada 19 Juni 2019 lalu.

Menanggapi akan berakhirnya masa jabatan Tatang Sutisna sebagai Penjabat Sekretaris Daerah, orang nomor satu di Kota Tangerang mengatakan, jika pihaknya sedang melakukan koordinasi. “Kita sedang melakukan perpanjangan,” kata Arief, Ahad (6/10/2019).

Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah bahwa masa jabatan Penjabat Sekretaris Daerah hanya memiliki masa jabatan tiga bulan, hal tersebut tertuang dalam Pasal 10 Ayat 2, bahwa dalam hal jangka waktu tiga bulan terjadi kekosongan sekretaris daerah terlampaui dan sekretaris daerah definitif belum ditetapkan, paling lama lima hari kerja, maka gubernur sebagai wakil pemerintah pusat menunjuk penjabat sekretaris daerah kabupaten/kota yang memenuhi persyaratan.

Sementara itu, Gubernur Banten, Wahidin Halim saat dikonfirmasi soal akan berakhirnya masa jabatan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tangerang belum memberikan jawaban. Disisi lain, Pemerintah Kota Tangerang sedang melakukan Seleksi Calon Sekretaris Daerah Kota Tangerang.

Dimana, dalam pelaksanaanya ada lima calon Sekda Kota Tangerang yang hingga kini tengah mengikuti proses uji/tes kompetensi yang terdiri dari kompetensi manajerial, teknis dan sosial kultur.

Diketahui, berdasarkan Surat Nomor 800/11-PanselJPTP/IX/2019, panitia seleksi menetapkan lima Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Tangerang yang dinyatakan lulus seleksi yakni Engkos Zarkasyih, Herman Suwarman, Irman Pujahendra, Said Endrawiyanto, dan Tatang Sutisna.

Kelima calon Sekda Kota Tangerang merupakan ASN yang telah beberapa kali menduduki kursi kepala dinas maupun asisten daerah. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here