Wali Kota Cilegon Minta Raperda OPD Dipercepat

CILEGON, (KB).- Wali Kota Cilegon Edi Ariadi meminta agar pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang organisasi perangkat daerah (OPD) dipercepat.

”Dalam hal ini saya atas nama Pemkot Cilegon meminta kepada anggota dewan yang terhormat agar pembahasan Raperda OPD kalau bisa dipercepat, sehingga OPD dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya,” kata Edi dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Cilegon dengan agenda jawaban Wali Kota atas pemandangan umum fraksi-fraksi terkait dua Raperda, Kamis (16/5/2019).

Dia menuturkan, dengan disahkannya Raperda OPD menjadi Perda, secara otomatis OPD terkait akan langsung melaksanakan tugasnya, mengingat saat ini sudah memasuki triwulan kedua.

Menurut dia, pengadaan barang dan jasa harus dilakukan secepatnya, sehingga semuanya bisa bekerja dengan sebaik-baiknya demi kepentingan pembangunan masyarakat Cilegon.

”Jadi memang dalam hal lelang tidak boleh terhambat untuk alasan apapun, sehingga disesuaikan dengan jadwal supaya tepat waktu,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cilegon Fakih Usman Umar mengatakan, terkait penyelesaian Raperda sudah ada mekanisme. Setelah semua dewan menyetujui, maka dilanjut dengan pembentukan panitia khusus (Pansus) serta mengagendakan kunjungan kerja ke beberapa daerah guna menambah referensi Raperda yang akan dilakukan.

”Targetnya memang secepatnya, disesuaikan dengan kondisi serta kehadiran para anggota dewan. Saya kira hal itu bisa terjadi percepatan raperda, kalau semuanya sudah memenuhi. Hanya tinggal menyempurnakan naskah akademis saja. Barangkali ada yang kurang atau direvisi,” ucapnya.

Politisi Partai Golkar itu menuturkan, DPRD juga ingin agar semua perencanaan dalam Raperda tepat waktu. Apalagi masa kerja anggota DPRD Kota Cilegon hanya tinggal beberapa bulan.

”Kalau memang sependapat, kenapa tidak dilakukan percepatan, asal tidak menyalahi aturan atau kaidah yang sudah ditetapkan. Karena semua tujuannya sama yakni untuk membangun Kota Cilegon,” ucap Fakih. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here