Wali Kota Cilegon Minta Hipka Bantu Pengangguran

Suasana Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Hipka) Kota Cilegon yang digelar di salah satu hotel Kota Cilegon, Jumat (3/1/2020).*

CILEGON, (KB).- Wali Kota Cilegon Edi Ariadi meminta pengurus Himpunan Pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Hipka) Kota Cilegon membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran. Hal tersebut dikatakannya seusai membuka Musyawarah Daerah (Musda) Hipka I, di salah satu hotel Kota Cilegon, Jumat (3/1/2020).

“Hipka ini adalah salah satu organisasi himpunan pengusaha. Saat ini banyak sekali himpunan ataupun organisasi pengusaha di Kota Cilegon seperti Hipmi, Hippi, serta HPN. Untuk itu, saya meminta, agar semua organisasi bisa menekan angka pengangguran di Kota Cilegon,” katanya.

Ia menuturkan, organisasi pengusaha bisa menekan angka pengangguran dengan cara memperbanyak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Karena, ujar dia, UMKM merupakan salah satu ujung tombak perekonomian, karena memiliki kelompok usaha yang berjumlah besar.

Menurut dia, UMKM adalah usaha berskala kecil, bersifat padat karya yang melibatkan banyak aktivitas ekonomi dan bisnis baik dari segi teknologi, manajemen, investasi, dan perlindungan hak cipta.

“Saya kira merangkul pelaku UMKM, adalah yang paling cocok dan semua organisasi pengusaha, agar dapat merangkul pelaku UMKM, mengingat Cilegon ini, adalah kota industri yang banyak multiplayer effect, maka dapat menciptakan pelaku-pelaku UMKM baru,” ucapnya.

Ia mencontohkan, salah satu industri terkait dengan suplai akomodasi bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. Karena, UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Semuanya itu, kata dia, diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.

Sementara itu, Ketua Hipka Provinsi Banten Khoirul Umam mengatakan, Hipka dibentuk untuk mewadahi para pengusaha yang berlatar belakang HMI. Dengan demikian, kata dia, semua yang berlatar belakang HMI bisa ikut serta menjadi anggota.

“Jadi, kami harapkan bagi pengusaha yang berlatar belakang HMI yang berdomisili di Kota Cilegon bisa ikut bergabung,” ucapnya.

Ia menuturkan, saat ini pihaknya sedang menjalin kerja sama dengan Jamsostek. Peluang tersebut, bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan HMI di Kota Cilegon.

Ia berharap, dengan terbentuknya Hipka Kota Cilegon dapat mengembangkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi dalam rangka mencapai cita-cita nasional, yakni masyarakat adil dan makmur. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here