Wali Kota Cilegon Buka Konser Karawitan

CILEGON, (KB).- Kota Cilegon dipercaya menjadi tuan rumah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (kemendikbud RI) dalam penyelenggaraan Konser Karawitan Muda Indonesia (KWMI). Kegiatan berskala nasional itu dibuka Wali Kota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi, di depan Kantor Wali Kota Cilegon, Kamis (3/8/2017) malam.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan terima kasih kepada Kemedikbud RI yang telah mempercayakan Kota Cilegon sebagai tuan rumah event tahunan nasional ini. “Betapa besarnya rasa terima kasih saya, mewakili seluruh masyarakat Kota Cilegon, kepada Kemendikbud RI yang telah memilih Kota Cilegon, sebagai tuan rumah Konser Karawitan Muda Indonesia yang ke-11 tahun 2017 ini,” ujarnya.

Iman juga mengapresiasi seluruh peserta yang usia muda sudah mau berkarya melalui seni budaya daerahnya masing-masing. “Betapa besarnya apresiasi dan penghargaan masyarakat Kota Cilegon terhadap dedikasi dan rasa cinta mereka terhadap karawitan, usia peserta masih muda dan kita harus salut dan apresiasi yang tinggi karena dengan usia yang sedemikian muda, mereka mampu menguasai seni karawitan dan mewakili daerahnya masing-masing,” tuturnya.

Ia berpesan kepada instansi terkait untuk tidak menjadikan KWMI sebagai ajang seremonial semata, tetapi setelah konser ini selesai akan ada pembicaraan untuk terus melestarikannya. “Sudah menjadi keharusan kita untuk memberikan perhatian secara terus menerus mengenai seni karawitan ini. Jangan setelah acara ini selesai perhatian yang diberikan kepada mereka pun menghilang. Tentu hal itu tidak tepat. Seni karawitan ini memerlukan perhatian yang konsisten dan terus menerus, karena tugas kita bersama untuk melestarikan budaya bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut Iman mengajak masyarakat Kota Cilegon untuk ikut serta meramaikan KWMI ini dengan datang ke acara. “Penting bagi saya untuk menyampaikan kembali kepada seluruh peserta agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya di atas panggung. Saya mengimbau masyarakat Kota Cilegon untuk memberikan dukungan terhadap acara ini dengan datang langsung ke depan Kantor Wali Kota Cilegon,” katanya.

Sementara itu, Kasubid Seni Pertunjukan Dinas Pariwisata Kota Cilegon, Yusnawati menuturkan, peserta yang tampil di KWMI ini merupakan hasil seleksi dari setiap provinsi.  Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan RI, Restu Gunawan mengapresiasi kesiapan Kota Cilegon sebagai tuan rumah event berskala nasional ini. “Saya senang sekali acara ini dapat berjalan dengan baik. Kesiapan dari Kota Cilegon patut diapresiasi oleh kita semua, karena kesiapan ini butuh kerja keras dari kita semua,” ujarnya. Acara konser Karawitan Muda Indonesia ini dimulai dari tanggal 3-5 Agustus dengan menghadirkan 34 peserta dari seluruh Indonesia. (Sigit/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here