Sabtu, 15 Desember 2018

Waktu Operasional Truk Diubah

TANGERANG, (KB).- Aturan mengenai pembatasan waktu operasional mobil barang pada ruas jalan di wilayah Kabupaten Tangerang telah diubah. Sebelumnya, pemerintah daerah setempat menertibkan Peraturan Bupati Tangerang Nomor 46 Tahun 2018. Aturan yang ditandatangani Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar pada Selasa (13/11/2018) tersebut ternyata berubah beberapa hari kemudian. Pada Rabu (21/11/2018), perbup tersebut diubah dengan Perbup Tangerang Nomor 47 Tahun 2018.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Norman menjelaskan beberapa ketentuan dalam Perbup Nomor 46 Tahun 2018 diubah, terutama pada pasal 3 dan pasal 4. Waktu operasional kendaraan angkutan barang memang ditetapkan sama, yakni pukul 22.00 WIB-05.00 WIB. “Pembatasan tersebut diberlakukan pada ruas-ruas jalan di wilayah Kabupaten Tangerang yang menjadi kewenangan daerah Kabupaten Tangerang,” katanya.

Dalam Perbup Nomor 47 Tahun 2018, lanjut dia, kendaraan angkutan barang golongan I sampai dengan golongan V diwajibkan menjaga kebersihan jalan yang dilalui, memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, serta mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan, dan kelas jalan. “Pembatasan waktu operasional angkutan barang diberlakukan bagi kendaraan angkutan barang khusus tambang, yakni tanah, pasir, dan batu,” tuturnya.

Diketahui, truk dan angkutan barang kini tak lagi bebas melintas di wilayah Kabupaten Tangerang. Bupati Tangerang, Zaki Iskandar hanya membolehkan truk dan angkutan barang beroperasi malam hari. Angkutan barang dipersilakan jalan mulai pukul 22.00 WIB sampai 05.00 WIB.

Aturan tersebut dituangkan dalam Peraturan Bupati Tangerang Nomor 46 Tahun 2018 yang telah diteken orang nomor satu di Kabupaten Tangerang. Peraturan tersebut mengatur tentang pembatasan waktu operasional barang pada ruas jalan di wilayah Kabupaten Tangerang.

Pembatasan waktu operasional truk dan angkutan barang tersebut, dilakukan karena angkutan tersebut, dinilai menambah kemacetan jika beroperasi siang hari atau jam-jam padat lalu lintas. Selain itu, truk dan angkutan barang juga dianggap sebagai penyebab jalan cepat rusak. “Arus kendaraan terus mengalami peningkatan. Ketika operasional kendaraan bersamaan, ruas jalan mengalami kemacetan dan bisa juga berimbas pada usia jalan,” ucapnya. (DA)*


Sekilas Info

Disdukcapil Kota Tangerang Musnahkan 19.311 KTP-El

TANGERANG, (KB).- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang memusnahkan 19.311 kartu tanda penduduk elektronik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *