Wahidin Halim Pilih Banten Jaya FC Sebagai Klub Sepak Bola Banten

SERANG, (KB).- Provinsi Banten segera memiliki klub sepak bola. Hal tersebut menyusul telah dipilihnya nama klub sepak bola oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim. Dari beberapa nama yang diusulkan, WH sapaan akrab Gubernur Banten tersebut memilih nama Banten Jaya FC.

“Kami sudah lapor ke pak gubernur dan beliau sudah menyampaikan yang harus digunakan untuk tim sepak bola kami. Kemarin itu (dipilih) Banten Jaya FC,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Banten, Deden Apriandhi Hartawan saat ditemui di ruang kerja, kemarin.

Ia menuturkan, ada lima opsi nama yang diusulkan kepada gubernur. Dari lima nama tersebut, gubernur menyukai nama Banten Jaya FC. “Kami sampaikan beberapa list nama ke pak gubernur. Ada Jawara Banten, Banten Jaya FC, ada Persatuan Sepak Bola Banten (Perseban), dan yang lainnya. Ada lima yang diusulkan dan dipilih nama Banten Jaya FC,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah gubernur memilih nama Banten Jaya FC, saat ini Dispora Banten sedang fokus untuk mengurus legal formalnya. Mengenai struktural manajemen belum diputuskan, karena masih dalam pembahasan bersama. “Sedang diurus legal formalnya mulai dari akta notaris, pembentukan PT, dan sebagainya. Mengenai kepengurusan, orang yang dilibatkan, adalah orang yang intens terhadap sepak bola Banten. Ada beberapa nama yang sudah dimasukkan,” ucapnya.

Ia menuturkan, WH sudah menyatakan kesanggupannya menjabat sebagai manajer Banten Jaya FC. Namun demikian, pihaknya sedang mempelajari terkait prosedur boleh tidaknya kepala daerah dilibatkan dalam manajemen klub bola.
“Pak gubernur sudah menyatakan siap menjadi manajer. Sekarang kami kaji apakah diperkenankan kepala daerah menjabat sebagai manajer sepak bola,” tuturnya.

Ia mengatakan, sudah beberapa pihak yang menyatakan kesiapannya, untuk mengisi kepengurusan Banten Jaya FC. Dari beberapa nama tersebut, terdapat pejabat publik di Banten. “Kami baru dua kali rapat dengan para pelaku sepak bola. Sudah ada beberapa nama yang berkenan (jadi pengurus). Untuk posisi ketua umum belum (diputuskan),” katanya.

Ia menjelaskan, setelah selesainya legal formal Banten Jaya FC, pihaknya mengejar persiapan kompetisi Liga 3 Indonesia. Jika memungkinkan, Banten Jaya FC sudah dapat berkompetisi di Liga 3 Indonesia tahun ini. “Target kami masuk liga 3. Saya belum dapat informasi apakah mungkin bisa ikut, yang jelas 2019 kami sudah siap (pembentukan Banten Jaya FC),” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pembentukan klub Banten Jaya FC untuk membawa nama Provinsi Banten di tingkat nasional. WH, ucap dia, berambisi Banten Jaya FC dapat berkompetisi di Liga 1 Indonesia. “Kami bentuk tim ini untuk membawa nama Provinsi Banten di tingkat nasional,” tuturnya. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here