Wahidin Halim dan Andika Akan Segera Dilantik

SERANG, (KB).- Jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih periode 2017-2022 Wahidin Halim dan Andika Hazrumy dipercepat. Semula, beredar kabar pelantikan dilaksanakan 24 Mei 2017 di Istana Negara, namun belakangan berkembang pelantikan dipercepat menjadi 12 Mei.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dikonfirmasi membenarkan pelantikan WH-Andika dilaksanakan pada Jumat (12/5). Namun, jadwal tersebut masih sementara karena masih menyesuaikan jadwal Presiden Joko Widodo. “Sementara jadwal begitu. Lagi menyesuaikan dengan jadwal Bapak Presiden,” ujar Tjahjo, melalui pesan Whatsapp, Selasa (9/5).

Senada dikatakan Kepala Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan (ARTP) Setda Banten, Mahdani. Namun, hingga saat ini pemprov belum menerima surat resmi dari Kemendagri. “Ya, kemarin saya dapat info lisan dari Otda (Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri), infonya suratnya hari ini (kemarin), tetapi sampai sekarang belum masuk,” kata Mahdani, kemarin. Namun, kata dia, ada juga informasi yang menyebutkan pelantikan akan dilakukan pada 24 Mei. “Kami juga dapat kabar begitu (24 Mei), tapi belum pasti juga. Kami tetap berpatokan pada info lisan dari Otda bahwa pelantikan 12 Mei, khawatir benar tanggal tersebut, sehingga kita bisa persiapan lebih cepat,” ujar Mahdani.

Sampai saat ini, kata dia, berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari pakaian pelantikan, ruang kerja, hingga rumah dinas. “Pelantikan kan awalnya diprediksi akhir Mei. Tiba-tiba ada informasi itu, makanya ini lembur siang malam. Insya Allah persiapan sedang berjalan. Ruang kerja sedang dikerjakan, karena depan masih ada bocor. Ya, mungkin hari ini selesai. Pakaian pelantikan sudah,” katanya. Kemudian, untuk rumah dinas sudah siap ditempati gubernur terpilih WH. WH akan menempati rumah dinas di Jl Jenderal A. Yani, bekas Rano Karno yang saat ini juga ditempati Pj Gubernur Nata Irawan. “Rumah dinas Pak Gub tinggal menempati,” ucapnya.

Sedangkan, untuk wakil gubernur Andika Hazrumy sementara ini menyewa rumah. Namun, belum diputuskan rumah mana yang akan dipilih. “Sementara di luar dulu, masih persiapan. Dalam minggu itu kita selesaikan, belum bisa disampaikan masih mencari yang sesuai. Yang jelas, di Serang sesuai permintaan beliau. Ini ada beberapa alternatif mana yang sesuai dengan beliau, belum diputuskan. Ada 3 tempat,” tuturnya. Kemungkinan, kata dia, rumah dinas Andika sudah ada pada 2018. “Mungkin 2018, karena di Bappeda sedang menyusun. Setelah pelantikan kita lihat,” ucapnya.

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna juga menyebut bahwa pelantikan dilaksanakan pada Jumat lusa.
“Kabarnya begitu, tapi saya belum dapat undangan,” ucapnya. Informasi diperoleh, pelantikan dilakukan tiga tahap. Banten masuk pada tahap I yakni 12 Mei, bersama dengan empat provinsi lainnya Papua Barat, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Bangka Belitung. Sementara, untuk tahap II dilakukan pada Juli yakni Aceh. Periode ketiga akan dilantik gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.
Sementara, informasi pelantikan tahap I dilaksanakan pada 24 Mei juga berhembus kencang. Sumber Kabar Banten menyebut, pada 12 Mei mendatang Presiden Joko Widodo masih berada di Papua. Jokowi baru kembali ke Jakarta pada Sabtu (13/5) malam. Diketahui, sejak 9 Mei Jokowi berada di Jayapura, Papua dalam rangkaian kunjungan kerja lintas nusantara.(H-42)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here