Kamis, 24 Mei 2018

Wahidin Ancam Copot Kepala OPD

SERANG, (KB).- Gubernur Banten Wahidin Halim kembali meluapkan kekesalannya terhadap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang tidak hadir dalam rapat paripurna di DPRD Banten. Kali ini, Wahidin bahkan mengultimatum akan mengganti kepala OPD yang absen di paripurna beragendakan jawaban gubernur atas pemandangan fraksi-fraksi tentang Raperda APBD 2018 tersebut.

Pantauan Kabar Banten, sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah itu semula berlangsung seperti biasanya. Kekesalan Gubernur Wahidin baru terlihat akan menyampaikan jawaban di mimbar paripurna. Ia tampak melihat ke arah kursi kepala OPD. Kemudian, pria yang akrab disapa WH ini meminta seluruh kepala OPD berdiri dari kursinya.

“Mana ini, kepala dinas coba saya minta berdiri. Kalau dalam (pembahasan) anggaran, hal yang penting seperti ini kepala dinas saja tidak hadir ya mundur saja jadi kepala dinas,” kata Wahidin dengan nada sedikit meninggi. Di hadapan puluhan anggota DPRD, WH mengancam mengganti kepala OPD yang tidak hadir ataupun yang bekerja tidak serius. “Seharusnya mendengarkan langsung sebagai bahan kita. Susun anggaran, susun RKPD juga enggak mau. Sudah, itu mesti dicatat. Jangan main-main, saya dengan Pak Andika (wagub) punya kekuasaan untuk ganti baru, ganti lama,” ujar WH tegas.

Seusai paripurna, WH mengatakan, kehadiran kepala OPD dalam paripurna menjadi salah satu catatan untuk mengevaluasi kinerja kepala OPD. “Bappeda kerja, ini kerja, yang lain datang paripurna aja enggak mau. Kita nilai, kalau kehadirannya rendah berarti tanggung jawabnya kurang. Kalau yang hadir saya naikin pangkatnya,” ucapnya. Namun, Wahidin tak mau hal tersebut dikait-kaitkan dengan isu rotasi dan mutasi yang santer di kalangan pejabat. “Ya bukan soal mutasi, penilaian aja,” tuturnya.

Pantauan di lokasi, dari sekitar 40 kepala OPD memang hanya terlihat 17 kepala OPD yang hadir, yaitu Kepala Bappeda Hudaya Latuconsina, Kepala Diskominfotiksan Komari, Kepala Bapenda Opar Sohari, Kepala ESDM Eko Palmadi, Kepala DP3AKKB Siti Nina Ma’ani, Kepala DPM-PTSP Wahyu Wardhana, Inspektur Kusmayadi, Kepala DKP Suyitno, Kepala Dinkop dan UMKM Maesyaroh, Kepala DLHK Husni Hasan, Kepala BPKAD Nandy Mulya, Asda II Ino S Rawita, Asda III Samsir, Karo Hukum Agus Mintono, Karo Adpem Mahdani, dan Staf Ahli Enong Suhaeti, Andy Fatmawati.

Kepala Bappeda Banten Hudaya Latuconsina seusai sidang tambak berlari kecil menuju buku absensi paripurna. “Neng, saya belum ngisi absen,” kata Hudaya, kepada staf setwan. Menurutnya, jarang ia tak hadir dalam rapat paripurna. “Saya mah selalu hadir. Apalagi ini kan kaitannya dengan Bappeda (soal anggaran),” kata Hudaya. Kepala Bapenda Opar Sohari pun mengaku selalu hadir paripurna. “Saya mah hadir terus,” ucapnya, dari dalam mobil dinasnya. (RI)***


Sekilas Info

Aktivitas Nelayan di Bulan Ramadan, Menantang Dahaga di Lautan

Ramadan memang bulan yang didalamnya penuh berkah. Berbagai cara dilakukan masyarakat, khususnya umat muslim dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *