Wagub Banten Sidak Persiapan MTQ di Kota Tangerang

Perhelatan MTQ XVI tingkat Provinsi Banten, di Kota Tangerang tinggal menghitung hari. Terkait persiapan dan pelaksanaan akbar tersebut, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kota Tangerang, Selasa (19/3/2019).

Dalam sidak tersebut, dia didampingi Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ino S Rawita, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, Sekda Kota Tangerang, Dadi Budaeri, dan sejumlah panitia penyelenggara MTQ XVI.

Pria yang akrab disapa AA tersebut, meninjau beberapa lokasi pelaksaan MTQ yang akan digelar pada Senin hingga Jumat (25-29/3/2019), seperti tenda tamu, Gedung MUI Kota Tangerang, Gedung Juang TMP Taruna Kota Tangerang, dan Ruang Al-Amanah yang akan dijadikan sebagai venue lomba yang diikuti oleh para kafilah dari delapan kota/kabupaten se-Banten.

Ia menuturkan, kegiatan tersebut untuk memastikan kesiapan Kota Tangerang sebagai tuan rumah MTQ XVI tingkat Provinsi Banten. Sebab, berbagai kesiapan, seperti sarana dan prasarana harus memadai, khususnya untuk para peserta lomba.

“Kami ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat Banten dan alhamdulilah dari tiga venue yang saya cek semuanya sudah lengkap,” tuturnya. Ia meminta, agar kelengkapan, seperti AC diperbanyak lagi, sehingga para peserta lomba lebih nyaman saat lomba berjalan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Sachrudin menuturkan, saat ini persiapan jelang pelaksanaan MTQ sudah memasuki tahap 70 persen dan tinggal penambahan kelengkapan fasilitas penunjang dari masing-masing cabang. “Kalau untuk panggung utama kesiapannya sudah 90 persen,” ucapnya.

Ia mengharapkan, agar pelaksanaan MTQ 2019 yang berlangsung mulai Senin hingga Sabtu (25-29/3/2019) dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Persiapan sudah dilakukan semaksimal mungkin tinggal menanti pelaksanaannya saja,” ujarnya.

Salah satu persiapan yang dilakukan Pemkot Tangerang, adalah mengintensifkan penertiban pedagang kaki lima (PKL). Di mana Pemkot Tangerang telah melakukan upaya pembersihan mulai dari sampah hingga pedagang kaki lima (PKL). Tujuannya untuk memberi kenyaman dan menyambut tamu yang hadir.

“Yang jelas pemkot akan berusaha maksimal mungkin dalam menjadi tuan rumah perhelatan MTQ yang nantinya akan diikuti oleh ratusan peserta dari delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten,” katanya.

Diketahui, Kota Tangerang menjadi tuan rumah pagelaran MTQ XVI se-Provinsi Banten. MTQ akan diselenggarakan Senin hingga Jumat (25-29/3/2019). Sejumlah persiapan telah dilakukan Pemkot Tangerang untuk hajatan besar tersebut.

Bahkan, untuk event tersebut, Pemkot Tangerang telah mengalokasikan dana miliaran rupiah pada APBD 2019 demi kesuksesan dan kemeriahan penyelenggaraan MTQ. Untuk perlengkapan arena, seperti kebutuhan dekorasi panggung, sewa tenda, dan perlengkapannya saja, telah dialokasikan anggaran sejumlah Rp 2,4 miliar.

Anggaran tersebut, dialokasikan untuk dekorasi tenda VIP, panggung arena utama, dan arena-arena lainnya sampai video mapping. Ada 13 titik nantinya yang dijadikan tempat perlombaan. Kemudian, ada 8 titik hotel untuk penginapan para perwakilan se-Provinsi Banten. (Dewi Agustini)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here