Waduk Karian Bisa Jadi Potensi Wisata

Waduk Karian

KEBERADAAN Waduk Karian nantinya akan berfungsi sebagai jaringan irigasi untuk menyuplai air baku bagi kebutuhan rumah tangga, dan industri di sembilan kota/kabupaten di Jakarta dan Banten. Waduk Karian yang secara letak geografis berada di Kabupaten Lebak itu, bisa menjadi potesi wisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciunung dan Cidurian (BBWSC3), Tris Raditian saat meninjau progres pembangunan Waduk Karian sekaligus pemaparan di Gedung Setda Pemkab Lebak, Selasa (11/2/2020). Turut mendampingi Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dampingi Kapolda Banten Irjen Agung Sabar Santoso.

Kepala BBWSC3 Tris Raditian mengatakan, Waduk Karian nantinya bisa berfungsi sebagai irigasi untuk menyuplai air baku kebutuhan rumah tangga, dan industri sembilan kota/kabupaten di Provinsi Jakarta dan Banten.

“Bendungan ini juga memiliki potensi sebagai tujuan wisata air di Kabupaten Lebak serta pembangkit energi listrik,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan, potensi ini selaras dengan visi pemerintah daerah yang saat ini sedang menuju ke arah barunya menjadikan sektor wisata sebagai lokomotif pembangunan di Kabupaten Lebak.

“Wabup berharap, potensi wisata yang ada dapat mengangkat perekonomian masyarakat dan mendorong pihak Waduk Karian untuk memberdayakan masyarakat lokal dalam pengembangan potensi wisata ke depannya,” tuturnya.

Selain untuk keperluan pasokan air ke berbagai daerah, Waduk Karian ini juga memiliki potensi wisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Kabupaten Lebak. “Tentunya ini merupakan potensi yang harus ditangkap,” ujarnya. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here