Volume Sampah di Kota Tangsel Meningkat

TANGERANG, (KB).- Volume sampah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meningkat saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

“Kondisi itu biasa terjadi setiap tahun dan sampah didominasi dari rumah tangga. Kalau di perumahan sekitar 5 sampai 10 persen,” ungkap Kepala Seksi Pengelolaan Sampah DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama.

Ia menjelaskan, pada tahun-tahun sebelumnya setiap lebaran volume sampah di Kota Tangsel naik sekitar 20 persen dari biasanya. Penurunan terjadi karena banyak pusat perbelanjan yang tutup saat ini ada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Covid-19.

Yudha menuturkan pihaknya sudah mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan sampah di sepanjang ruas titik-titik jalan yang memang rawan terdapat sampah liar. DLH Kota Tangsel meletakan bak penampungan sampah atau amrol.

“Misalnya di Jalan Serpong Utara ada bak-bak di pinggir jalan untuk antisipasi sampah orang kampung yang dibuang ke arah jalan. Jadi kenaikannya itu terutama sebelum lebaran biasanya di pasar, kalau setelah lebaran volume sampahnya khusus di pasar agak berkurang kalau di perumahan naik,” tukasnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here