Volume Sampah di Kota Serang Cenderung Normal

SERANG, (KB).- Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Tendian mengatakan volume sampah pascalebaran tahun ini tidak ada peningkatan yang signifikan. Adapun peningkatan volume sampah, terhitung sejak Ramadan hingga sekarang hanya sekitar 10 persen.

“Volume sampah tetap dalam keadaan normal seperti biasa. Cuma memang frekuensi angkutannya saja yang bertambah diawal sehabis lebaran. Kalau dari bulan puasa kemarin hanya 10 persen. Karena kan penyebabnya itu dari konsumsi masyarakat juga yang meningkat,” katanya, Selasa (11/6/2019).

Ia menuturkan, pengangkutan sampah sempat tertunda selama dua hari setelah lebaran. Hal tersebut disebabkan karena penumpukan sampah di sejumlah titik.

“Tidak ada perubahan yang terlalu (volume sampah), hanya penumpukan karena lebaran saja. Itu pun bukan karena volume yang bertambah. Artinya karena ada sebagian sampah yang tidak terangkut. Kemudian, tertunda juga karena penumpukan sampah terjadi di beberapa titik,” katanya.

Saat ini, kata dia, penumpukan sampah di Kota Serang cenderung normal. Bahkan, nyaris sudah tidak ada lagi penumpukan sampah di pinggir jalan yang sempat terjadi di hari lebaran. Hal tersebut menurutnya karena petugas secara tanggap menyisir jalanan untuk mengangkut sampah-sampah liar tersebut.

“Tumpukan sampah berdasarkan laporan memang ada penambahan dibeberapa titik. Karena mungkin juga di hari lebaran, jadi masyarakat banyak membuang sampah sembarangan. Tapi itu tidak berlangsung lama, petugas kami langsung menyisir ke titik tersebut,” tuturnya. (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here