Rabu, 26 September 2018

Viral, Obrolan “Gardu Ronda” Soal Nomor Partai Politik

SERANG, (KB).- Sejumlah tokoh muda di Banten menanggapi beragam hasil pengundian Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal nomor urut partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019. Mereka mengakui, analisa itu hanya akal-akalan. Tanggapan beragam berbagai kalangan itu banyak bertebaran di whatsapp (wa) grup.

Di Grup WA Penulis Kabar Banten misalnya, Boyke Pribadi menilai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meraih nomor sempurna (nomor 10). Tapi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil meraih peringkat pertama (nomor 1). “Angka terbesar dalam permainan kartu diraih oleh Perindo, yakni  nomor  9. Dan, nilai terbesar milik Demokrat, yakni nomor 14,” tulis Boyke, Minggu (18/2/2018) malam.

Selain angka-angka istimewa, ia juga menyebut beberapa angka yang oleh sebagian masyarakat sering diidentikkan kurang beruntung. Ia menyebut nomor 11 dan 12 sering diidentikkan sebagai kata lain dari beda-beda tipis. “Untuk istilah beda-beda tipis orang sering menyebutnya dengan sebelas dua belas,” ungkapnya. Nomor 11 adalah milik Partai Solidaritas  Indonesia (PSI), sedang 12 adalah milik Partai Amanat Nasional (PAN).

Angka 8 (Partai Keadilan Sejahtera), masih kata Boyke, menunjukkan keberlanjutan atau istimror-mustamiroh atau sustainable. “Dibolak balik sama saja. Karena PKS partai kader,  jadi berkelanjutan jumlah pemilihnya. Maksudnya, mau jungkir balik bagaimanapun jumlah pemilihnya, ya kader-kader itu,” ungkapnya. Boyke juga menyoroti nomor 6 (Partai Garuda) dan 9 (Partai Perindo). Menurutnya, dua nomor tersebut termasuk kembar identik. Uniknya, lambang ke dua parpol tersebut juga sama, yakni burung.

Sementara wanita politisi Banten, Hafazah, mengatakan nomor yang dimiliki Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengandung nilai yang sama, yakni satu. Dr Encep, pengamat dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Serang, menilai angka 14 yang dimiliki Demokrat sangat hoki. Angka tersebut symbol dari orang yang akan duduk di kursi. “Nomor 14 kalau dibalik jadi kursi, bisa diduduki,” katanya.

Perang pantun

Nomor urut partai politik juga melahirkan banyak meme berupa perang pantun dan perang gambar parpol di kalangan anggota grup wa. Meme tersebut umumnya menggambarkan dukungan dan pujian terhadap partai yang mereka dukung.

Di grup wa koalisi rakyat Banten misalnya, Iwan Kibin menuliskan pantun yang sangat segar. “Ikan sepat ikan gabus, nomor  4 emang emang paling bagus,” tulisanya. Pantun Iwan Kibin segera mendapat balasan dari Ading Kusnadi. Ia menulis, “Ikan sapu-sapu ikan gabus,  nomer satu emang paling bagus,” tuisnya. Pantun Ading lainnya, “Cendrawasih ditembak raja ampat, PKB bersih emang mantap,” tulisnya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah meloloskan 14 partai peserta Pemilu 2019 yang dinyatakan memenuhi syarat. Dari ke-14 parpol itu, terdapat 4 parpol baru yang akan ikut bertarung, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Berkarya. Hasil verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2019 yang dibacakan seluruh Komisioner KPU, disaksikan para parpol dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).(SY)***


Sekilas Info

Peringatan HUT ke-18, Pemprov Banten Siapkan Pesta Rakyat

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menyiapkan pesta rakyat dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *