Verval Data PBI BPJS Kesehatan Kabupaten Serang Belum Rampung

SERANG, (KB).- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang hingga saat ini masih memverifikasi dan memvalidasi data peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal tersebut dilakukan juga berkaitan dengan rencana kenaikan premi BPJS Kesehatan.

Kepala Dinsos Kabupaten Serang Saepudin menuturkan, verifikasi dan validasi (verval) data juga sebagai tindak lanjut adanya rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan pada 2020. Validasi data tersebut, untuk mengetahui peserta masih layak menerima atau tidak.

“Saat ini masih proses validasi data PBI. Nanti dilihat, siapa tahu ada yang sudah meninggal dan lainnya kan kami tidak tahu, nanti kan setelah divalidasi bisa tahu ke depan berapa anggaran yang disiapkan untuk PBI,” katanya kepada Kabar Banten.

Menurut dia, Dinsos melakukan pendataan atau validasi warga miskin di Kabupaten Serang per enam bulan sekali. Hal tersebut, agar bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih.

Selain itu, diharapkan juga permasalahan masyarakat kurang mampu dapat tertangani secara bertahap dan bantuan dapat diberikan secara merata. “Jadi, jangan sampai ada warga mampu, tapi menerima bantuan,” ujarnya.

Verifikasi dan validasi data tersebut, ucap dia, dilakukan berdasarkan Surat Edaran Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Data Terpadu, sehingga setelah dilakukan validasi peserta PBI Kabupaten Serang, diharapkan mampu mengefisiensikan anggaran.

Apalagi tahun depan iuran BPJS Kesehatan untuk semua kelas naik dua kali lipat. Hal tersebut dinilai akan menambah juga anggaran pemerintah daerah untuk pembayaran PBI.

“Kalau sudah tahu jumlah real penerimanya, jadi siapa tahu bisa meringankan anggaran atau tidak bertambah. Bertambah mungkin, tapi tidak terlalu banyak. Data PBI sampai saat ini belum dilakukan rekapan,” tuturnya.

Selain melakukan verifikasi dan validasi data PBI lama, Dinsos juga masih memverifikasi dan memvalidasi data warga yang didaftarkan untuk masuk ke PBI Kabupaten Serang. “Untuk warga yang mendaftar PBI juga kami lakukan validasi, apakah layak masuk atau tidak,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here