Rabu, 16 Januari 2019

UTBK Untirta Dibuka 12 Januari

SERANG, (KB).- Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan dibuka pada Sabtu (12/1/2019) hingga Rabu (27/3/2019). Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Fatah Sulaiman, di ruang kerjanya, Senin (7/1/2019).

“Pendaftaran UTBK dimulai Sabtu (12/1/2019) hingga Rabu (27/3/2018) dan pelaksanaan tes akan dimulai April dan Mei,” kata Fatah kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, ada pola perubahan dijalur SBMPTN, untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) masih tetap melalui jalur undangan seperti pengisian dapodik oleh sekolah.

“Perbedaan untuk jalur SBMPTN tersebut tes dahulu baru mereka bisa daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mereka inginkan. Di tahun sebelumnya daftar dulu baru tes. Pada penerimaan SBMPTN tersebut melalui online,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya masih menunggu finalisasi untuk persiapan UTBK, karena pada Sabtu (4/1/2019) lalu Kemenristekdiktik sudah melaunching SNMPTN. Untirta menargetkan 2.605 komputer disiapkan untuk ujian online, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sekolah-sekolah yang berada dekat Untirta untuk pelaksanaan UTBK.

“Kemarin sudah dirapatkan tinggal diverifikasi sekolah-sekolah yang akan menjadi lokasi UTBK,” katanya.

Ia mengatakan, ada dua materi tes yakni Tes Potensial Akademik (TPA) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TKA akan ada dua kelompok ujian yakni Saintek dan Soshum.

“Peserta yang memilih saintek akan diberi kesempatan dua kali tes, nanti diambil nilai tertinggi untuk memilih prodi yang sesuai dengan peminatan. Begitu juga soshum (sosial hukum) diberi kesempatan dua kali tes, kalau memilih campuran tetap diberi kesempatan dua kali tes saintek dan soshum,” tuturnya. (DE/YA)*


Sekilas Info

Mahasiswa Unbaja Ciptakan Karbol dari Limbah Minyak

SERANG, (KB).- Mahasiswa teknik lingkungan Universitas Banten Jaya (UNBAJA) yang tergabung dalam tim Pekan Kreatifitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *