Usulan Fakultas Kedokteran Disetujui, Untirta Segera Terima SK Kemenristekdikti

SERANG, (KB).- Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyetujui permohonan izin pembukaan Fakultas Kedokteran (FK) Untiversitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Dalam waktu dekat, Untirta akan menerima Surat Keputusan (SK) tersebut langsung dari Menristekdikti Mohamad Nasir.

“Syukur Alhamdulillah, harus dan bahagia menerima kabar sudah selesainya SK Fakultas Kedokteran. Kabar gembira tersebut saya langsung beritahukan kepada pimpinan senat dan tim kedokteran Untirta. Pembukaan Fakuktas Kedokteran tersebut memang selektif, ketat, dan persyaratannya tidak seperti program studi yang lain maka Surat Keputusannya langsung diserahkan Menristekdikti,” kata Rektor Untirta Sholeh Hidayat, di Gedung Rektorat Untirta, Jumat (3/5/2019).

Ia mengatakan, kepastian tersebut diketahui setelah mendapat informasi dari Biro Hukum dan Organisasi (Hukor) Kemenristekdikti pada 2 Mei 2019 bertepatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

“Awalnya pada 25 Maret 2019 saya menerima telepon dari Kepala Biro Hukum dan Organisasi (Hukor) Kemenristekdikti yang meminta dikirim kembali surat permohonan, Rektor Untirta tentang pembukaan Fakultas Kedokteran karena pada Ditjen Kelembagaan Iptekdikti ada kesulitan untuk mencarinya. Pada 2 Mei saya tanya lagi perkembangannya,” ujarnya.

Ia menuturkan, pada 2 Februari 2019 juga telah dilaksanakan visitasi atau evaluasi lapangan di Kawasan Kampus Untirta Cilegon. Visitasi dilakukan Tim Kemenristekdikti dan dipimpin Sekretaris Direktorat Jendral (Ditjen) Kelembagaan Ilmu pengetahuan Pendidikan Tinggi (Iptekdikti) Agus Indarjo, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kounsil Kedokteran Indonesia (KKI), Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia dan Asosiasi profesi lainnya.

Senada, Wakil Rektor I Bidang Akadamik Fatah Sulaiman mengatakan, kabar baik tersebut datang dari Hukor Kemenristekdikti, bahwa akan ada penyerahan SK Menristekdikti bersama Rektor Untirta dalam waktu dekat ini.

“Penyerahan tersebut akan dilakukan di Jakarta dalam agenda buka bersama. Perjalanan pembukaan Fakultas Kedokteran tersebut cukup lama dan banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Pembukaan FK tidak semudah seperti fakultas yang lain,” katanya.

Ia mengatakan, penerimaan mahasiswa baru program studi di Fakultas Kedokteran akan menerima 50 orang, sesuai dengan tujuan pendirian FK untuk mendukung pembangunan kesehatan di Provinsi Banten.

“Kami akan menggunakan skema mahasiswa utusan perwakilan dari 8 kabupaten/kota di Provinsi Banten. Masing-masing 5 orang selama 5 tahun atau 40 orang pertahun yang dibiayai APBD kabupaten/kota masing-masing. Sisanya yang 10 orang seleksi umum. Seleksi masuk akan dilakukan oleh Fakultas Kedokteran UI sebagai Pengampu Fakultas Kedokteran Untirta. Tiap-tiap kabupaten/kota menyiapkan minimal 30 orang lulusan SMA/MA IPA yang terbaik untuk diseleksi menjadi 5 orang,” katanya. (DE/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here