Minggu, 25 Februari 2018

Usaha Kapal Penumpang Pelabuhan Merak, Persaingan tak Sehat Masih Menjadi Persoalan

CILEGON, (KB).- Persaingan tidak sehat di antara perusahaan pelayaran di Pelabuhan Penyeberangan Merak, masih menjadi persoalan internal Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak.  Sebab itu, komitmen antara para pengusaha pelayaran yang melanyani penyeberangan di lintasan Pelabuhan Merak – Bakauheni masih perlu dibenahi.

Ketua DPC Gapasdap Merak Togar Napitupulu mengatakan, persaingan usaha sehat merupakan hal penting. Paskaterpilih sebagai Ketua Gapasdap Merak periode 2017 – 2022, ia berkomitmen untuk membenahi persaingan usaha tersebut.  “Tema kita kemarin pada Muscab IV, yakni untuk mempersatukan kesatuan dari semua pengusaha, agar penyeberangan jauh lebih baik,” katanya.

Togar mengatakan, hal itu perlu dibahas bersama dengan semua pihak pelaku usaha pelayaran dan otoritas pelabuhan. Pembatasan waktu jadwal muatan, kata Togar, menjadi salah satu solusi yang dipandang dapat meminimalisasi cara-cara persaingan tidak sehat tersebut.

“Biasanya, kami diberi waktu pelayanan untuk muatan 12 menit. Setelah itu, pelayanan ke kapal dermaga lain. Begitu seterusnya. Tetapi itu masih belum tentu dapat menjamin praktik persaingan usaha tidak sehat dapat dimatikan,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Gapasdap Merak Adam Hendriyono mengatakan, persoalan persaingan usaha tidak sehat menjadi pembahasan yang serius pada pelaksanaan Muscab IV, di Tangerang, beberapa waktu lalu. Pria yang juga Kepala Cabang PT Aman Lintas Samudera Merak menitipkan kepada Togar selaku ketua terpilih, agar dapat memecahkan permasalahan tersebut.

Tentunya akan ditempuh dengan pembahasan bersama dengan seluruh perusahaan pelayaran di Merak.
“Kami sudah menitipkan kepada Pak Togar, permasalahan itu untuk dapat diselesaikan. Persaingan usaha tidak sehat di Merak dan kompetitor jadi hal yang serius untuk dipecahkan,” tuturnya. (AH)***


Sekilas Info

DLH Siapkan Kontainer untuk Sampah

CILEGON, (KB).- Permasalahan sampah baik organik maupun nonorganik yang setiap hari terus bertambah di Kota Cilegon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *